DINAS PERIKANAN, PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KABUPATEN SAMBAS LAKSANAKAN TRANSFER TEKNOLOGI DI BALAI RISET PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI

     Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Aparatur Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas melaksanakan kunjungan kerja ke Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi dengan nama kegiatan Transfer Teknologi. Kegiatan tersebut diterima oleh Dr. Imron, S.Pi., M.Si., selaku Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi, Dr. Ir. Bambang Gunadi, M.Sc., selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis BRPI, Hary Krettiawan, S.Si., M.Si selaku Kepala Sub. Bagian Tata Usaha BRPI, Bambang Iswanto, S.Pi., M.P., selaku Koordinator Ikan Lele, Adam Robisalmi, S.Pi selaku Penanggungjawab Riset dan Perpustakaan dan 2 orang staf Pelayana Teknis. Sementara dari Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas dihadiri oleh Gusti Alimsyah, S.Pi., selaku Kepala Seksi Perbenihan Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Sambas, Alamrusi, S.Pi selaku Kepala UPTD BBIAT Kab. Sambas, Uray Mus Hayadin, S.Pi selaku Kepala Sub. Bagian Tata Usaha UPTD BBIAT Kab. Sambas, dan Ziad selaku Staf UPTD BBIAT Kab. Sambas.

     Kegiatan Transfer Teknologi tersebut dilaksanakan pada tanggal 22-24 November 2017. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk dapat belajar teknis budidaya ikan yang baik dan membicarakan penyediaan bibit unggul yang berkelanjutan. Ruang lingkup kegiatan transfer teknologi tersebut memberikan pembelajaran kepada peserta dari Dinas terkait berupa cara pemuliaan ikan nila, lele dan gurami. Pada hari pertama berkunjung peserta Transfer Teknologi Kab. Sambas melaksanakan kunjungan lapangan dan disela-sela kunjungan juga dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan di hatchery dan materi yang diberikan oleh masing-masing koordinator komoditas ikan lele, ikan nila dan peneliti komoditas ikan gurami. Pada hari terakhir, peserta transfer teknologi diberikan materi teknis pemuliaan ikan seperti teknis budidaya ikan, pemeliharan ikan dan fasilitas serta teknis pemijahan buatan ikan lele. Para peserta diberikan ilmu cara menjahit dan teknis pemijahan ikan lele secara buatan.

     Pada hari terakhir, para peserta transfer teknologi menyempatkan bertemu dengan Dr. Imron, S.Pi., M.Si selaku Kepala BRPI beserta Staf yang mendampingi untuk membicarakan kesan pada saat proses transfer teknologi. Gusti Alimsyah, S.Pi., selaku Kepala Seksi Perbenihan Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas menyampaikan ucapatan terimakasih untuk pendampingan kegiatan transfer teknologi dan mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi jembatan kerjasama perihal pendistribusian ikan hasil pemuliaan BRPI antara BRPI dengan Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan dapat menjadi salah satu mitra pendistribusian calon induk ikan hasil pemuliaan dan BRPI dapat memperluas daerah pendistribusian calon induk ikan hasil pemuliaan BRPI.

Views All Time
Views All Time
117
Views Today
Views Today
1

Leave a Comment