Launcing Patin “PERKASA”, Balai Riset Pemuliaan Ikan lakukan kerjasam dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara

Pada tanggal 9 Oktober 2018, dalam acara Science and Innovation Business Matching (SIBM) yang di adakan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP). Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) melakukan kerjasama dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara (CDKPWU). Dr. Imron,S.Pi. M.Si bersama Dede Hermawan, S.Pi, M.Si menandatangin perjanjian kerjasama tentang kegiatan perbanyakan dan distribusi calon induk ikan patin perkasa.

Pada acara tersebut Kepala BRSDM KP Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA menyampaikan bahwa acara SIBM ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil hasil riset inovasi yang dihasilkan oleh BRSDM kepada mitra atau calon investor dalam pengembangan inovasi  dimana selanjutnya acara ini direncanakan akan menjadi agenda bulanan. Sehingga diharapkan akan bayak mitra kerjasama untuk dapat melakukan pengembangan inovasi dari hasil riset untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat perikanan.

Ikan Patin “Perkasa” yang merupakan hasil riset ikan unggulan BRPI adalah Ikan Patin Siam unggul tumbuh cepat dengan Surat Keputusan Mentrei KKP KEPMENKP No.75/KEPMEN-KP/2018, Pada acara itu pula launcing “Patin Perkasa” dan kerjasama, secara simbolik penyerahan benih ikan Patin “Perkasa’’ oleh Kepala BRRSDM KP Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA kepada Dede Hermawan, S.Pi, M.Si Kepala CDKPWU mitra kerjasama BRPI. Dimana BRPI sebagai Unit Pelaksana Teknis dibawah naungan BRSDM KP yang menjadi Riset Pemuliaan Ikan.

Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA juga mengungkapkan bahwa diharapkan dengan adanya ikan unggulan hasil pemuliaan,  ikan Patin “Perkasa” dengan keunggulannya lebih cepat maka akan dapat menguntungkan bagi pembudidaya, yang rencanya Patin “Perkasa” akan di desiminasikan diwilayah Jawa Barat terlebih dahulu dan akan dapat meluas keseluruh indonesia.

Views All Time
Views All Time
32
Views Today
Views Today
1

Leave a Comment