18 Agustus 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) dan Balai Diklat Aparatur (BDA) Sukamandi melakukan aksi bersih-bersih sampah pelastik dalam rangka kegitan “Menghadap Laut 2.0” sebagai bentuk peduli akan lingkungan perairan dan laut untuk berkelanjutan. Aksi menghadap laut yang dilakukan untuk keduakalinya ini dilakukan sesuai sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, mengajak seluruh Satuan Kerja KKP dan relawan yang peduli lingkungan bersama Organisasi Pandu Laut Nusantara menggemakan gerakan bersih pantai dan laut dan menghadap laut.  Aksi bersih-bersih dilakukan pada 74 titik di seluruh Indonesia serta perairan sekitar Satker masing-masing.

BRPI mendukung penuh aksi dalam menjaga lingkungan bersih dari sampah plastik. Pada kegiatan aksi “Menghadap Laut 2.0” yang melibatkan kurang lebih 50 orang peserta dari BRPI, BDA Sukamandi dan komunitas sepeda Biru Fun Bike, melakuakan pembersian sampah  yang dimulai dari disekitar saluran air dan aliran irigasi yang bermuara ke sungai Pamanukan.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Hary Krettiawan, S.Si, S.Pi selaku Plt. Kepala BRPI menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk hari ini saja, tapi dilakukan sebaga gerakan bentuk kesadaran dan kepeduliaan akan lingkungan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, terurama sampah plastik, penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan ataupun katung belanjaan yang sering digunakan apa bila mengotori perairan akan sulit terurai dan perlu beratus-ratusan tahun untuk dapat terurai. Maka dari itu ayo kita jaga lingkungan kita agar bersih dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Dari aksi yang silakukan ini didapat sampah dari hasil limbah rumah tangga seperti sampa kemasan dan popok bayi, sampah yang telah dikumpulkan kemudian diangkut kepembuangan akhir sehingga tidak mencemari kembali lingkungan sekitar. Terlihat dalam hal ini, masih kurangnya kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya untuk itu kita perlu memberikan sosialisasi khusus dalam penanganan sampah plastik, semoga dengan adangaya juga gerakan aksi bersih-bersih sampah plastik ini yang menyadarkan untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

 

Views All Time
Views All Time
300
Views Today
Views Today
1

Hits: 35

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *