KEMBANGKAN BIDANG PERIKANAN BANYUMAS, KKP DAN BUPATI BANYUMAS LAKUKAN AUDIENSI

Pada 14 April 2022 Kepala Pusat Riset Perikanan, Yayan Hikmayani; Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Lilly Aprilia Pregiwati; dan Kepala Pusat Riset Kelautan, Rudi Alek Wahyudin bersama rombongan diterima secara hangat di Pendopo Bupati Banyumas pada agenda audiensi Smart Fisheries Village berbasis wisata yang diselenggarakan pada kamis, 14 April 2022.

Sinergi pelaksanaan minapadi pada kawasan sekitar 25 Ha untuk mendorong menjadi desa percontohan yang dikemas dalam Smart Fisheries Village di desa Panembangan kecamatan Cilongok kab Banyumas.

Luas lahan persawahan di desa Panembangan seluas 132 Ha , dengan kondisi eksisting pelaksanaan Mina padi seluas 26,5 Ha. Desa Panembangan memiliki 313 orang pembudidaya dengan nilai produksi per siklus sebesar 2,5 milyar , dan tentunya dapat dikembangkan dengan pemanfaatan lahan sebesar 11 milyar.

Pelaksanaan smart fisheries village untuk mendukung program prioritas KKP terutama
Pembangunan kampung ikan, diharapkan mampu memberikan dampak pada Ekonomi lokal, Masyarakat bekerja, Lingkungan lestari, dan Berbasis digital.

Ruang lingkup penguatan pada segmen alur proses pembenihan, pendederan, pembesaran yang didukung dengan penyiapan bahan baku untuk pabrik pakan mandiri dan saprokan yang pada akhirnya untuk optimasi pemasaran.

BRPI sebagai penghasil induk unggul diharapkan dapat melakukan pendampingan untuk setup dan operasional hatcheri sehingga benih bermutu dapat tersedia untuk mendukung program Smart Fisheries Village tersebut.

Hits: 14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »