BALAI RISET PEMULIAAN IKAN DAN BALAI DIKLAT APARATUR LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI BELA NEGARA KE-71  

Pada tanggal 19 Desember 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) dan Balai Diklat Aparatur (BDA) melaksanakan upacara bersama dalam rangka memperingati Hari Bela Negara (HBN) yang ke-71. Bertindak sebagai Pembina Upacara Hernan Mahardika, S.St.Pi, M.M,.,Kepala BDA Sukamandi. Upacara ini diikuti seluruh pegawai BRPI, BDA dan Siswa yang melakukan kegiatan magang.

Dalam kesempatan ini, Kepala BDA Hernan Mahardika, S.St.Pi, M.M., selalu Pembina Upacara, membacakan sambutan Presiden RI, antara lain menyatakan bahwa bela   negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus.

Peringatan HBN merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang yang mempertaruhkan nyawanya demi pertahankan keberadaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Penetapan tanggal 19 Desember sebagai sebagai Hari Bela Negara dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No.28 tahun 2006 dalam rangka mengenang peristiwa sejarah pada tanggal 19 Desember 1948. Kala itu Belanda melancarkan Agresi Militer ke II, menangkap Presiden Ir Soekarno dan Wakil Presiden Drs. Mohammad Hatta dan mengumumkan bahwa Negara Indonesia tidak ada lagi Dalam situasi seperti iu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawiranegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. 

 

Tanggal pembentukan PDRI itulah yang kini diperingati sebagai Hari Bela Negara (HBN). 

Views All Time
Views All Time
265
Views Today
Views Today
1

Hits: 18

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *