Pada tanggal 11 Oktober 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menerima kunjungan rombongan dari Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.  Rombongan yang terdiri dari 32 orang Kepala Desa (Pengulu) se Kecamatan Lawe Bulan dan 5 orang Penyuluh Perikanan dipimpin langsung oleh Camat Lawe Bulan, Kunjungan ini dilakukan dalam  rangka bimbingan teknis dan kaji terap potensi perekonomian desa. Pertemuan dihadiri Prof. Hari Eko Irianto, Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk & Bioteknologi mewakili Kepala Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan didampingi Plt. Kepala BRPI, Hary Krettiawan, SSi., MSi., serta para Peneliti BRPI

Prof. Hari Eko Irianto dalam sambutanya menyampaikan bahwa sangat tepat dalam melakukan kunjungan ke BRPI yang merupakan salah satu balai riset Kementerian Kelautan dan Perikanan, disini peserta dapat langsung bertanya langsung dengan peneliti tentang teknologi perikanan budidaya yang nantinya dapat diterapkan di daerah masing-masing.

Dalam kunjungan tersebut Camat Lawe Bulan menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya bersama dengan rombongan Kepala Desa adalah dalam rangka pengembangan kegiatan perekonomian pedesaan melalui kegiatan perikanan. Kecamatan Lawe Bulan memiliki potensi perikanan terlihat banyaknya pembudidaya dan kegiatan perikanan sebagai usaha rumahan. Namun permasalahan yang terjadi, benih ikan masih mengandalkan distribusi yang dikirim dari Pematang Siantar, Sumatera Utara. Harapannya kami dapat melakukan pembenihan sendiri, memiliki induk yang dapat dipijahakan dan melakukan produksi benih.

Menanggapi hal tersebut Plh. Kepala Pelayanan Teknis BRPI, Dr. Ir. Bambang Gunadi, MSc., menjelaskan tentang ketersediaan induk yang dimiliki oleh BRPI. Pada saat ini BRPI memiliki beberapa komoditas unggul yang mungkin dapat menjawab kendala yang terjadi. Namun untuk mengalokasikan kepada masyarakat dalam mendapatkan induk/calon induk unggul hasil pemuliaan di BRPI dapat secara langsung melalui mekanisme pembelian, maupun dengan cara permohonan hibah yang ditujukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Kepala Badan BRSDM KP. Untuk instansi pemerintah dilakukan inisiasi kerjasama sehingga kegiatannya dapat terpantau dan saling memberikan manfaat antara dua pihak dan juga bagi masyarakat di daerah Lawe Bulan, Aceh Tenggara. 

Views All Time
Views All Time
334
Views Today
Views Today
1

Hits: 20

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *