Pada tanggal 2 Januari 2020, website resmi Business Innovation Center (BIC) mengumumkan proposal inovasi yang terpilih serta proposal terbaik di tahun 2019. Dalam website menyampaikan bahwa BIC menyampaikan terima kasih atas partisipasi para Inovator Indonesia yang telah mengajukan proposalnya ke “111 Inovasi Indonesia – 2019”, pemilihan tahunan “100+ Inovasi Indonesia” tahun ke 12.  Dari 127 proposal yang lolos prakualifikasi dan ditayangkan di situs web BIC “The Challengers 111 Inovasi Indonesia 2019”, team juri menetapkan 3 (tiga) proposal terbaik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini juri hanya menetapkan sebanyak 80 (delapan puluh) proposal terpilih untuk ditampilkan dalam e-book “111 Inovasi Indonesia 2019”, yang dinilai memiliki prospek untuk dilanjutkan ke tahapan inkubasi inovasi di “inkubator virtual BIC”.  Kebijakan ini menjadi kebijakan baru BIC, untuk pemilihan “100+ Inovasi Indonesia” pada tahun-tahun mendatang. 

Pemilihan “111 Inovasi Indonesia – 2019” tahun ini merupakan pemilihan yang khusus, karena acara kompetisi inovasi tahunan BIC ini dalam proses “transformasi” menuju inkubator virtual BIC, yang nantinya akan berfungsi sebagai wahana pengembangan inovasi terpilih menuju hilirisasi/pemanfaatan hasil riset. (http://bic.web.id/)

Dari ketiga proposal inovasi terbaik diantaranyan proposal BRPI hasil karya Bambang Iswanto dan Team  yang berjudul “Ikan Lele “Mutiara”, Hasil Pemuliaan di BRPI, Siap Tingkatkan Produktivitas Perikanan Budidaya”. Hal tersebut juga merupakan capaian prestasi bagi BRPI sebagai instansi yang melaksanakan tugas dan fungsi dalam melakukan pemuliaan ikan. Diharapkan dengan mendapatkan prestasi ini dapat memberikanan semangat dan motivasi dalam berkarya serta memunculkan ide-ide yang lebih inovasi lagi.

BIC sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi   dengan fungsi untuk mengembangkan sinergi antara ABG dalam hal inovasi yang sampai saat ini belum optimal. Upaya optimalisasi  diantaranya dalam tiga sektor yaitu, Pemerintah, Akademisi, dan Pelaku Bisnis. Tujuan akhir upaya ini adalah untuk mengoptimalkan pemberdayaan Inovasi di Indonesia untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional.

 

Views All Time
Views All Time
398
Views Today
Views Today
1

Hits: 83

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *