Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil merancang Aplikasi Bank Genetik-Ikan Indonesia (BGI). 7 Agustus 2020, Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan  resmi meluncurkan aplikasi BGI dalam acara Launching Buku Besar Maritim Indonesia.

Edhy Prabowo mengatakan bahwa ini upaya serius kita untuk menbangun sektor kelautan kita, bahwa di tengah laut kita ini banyak sekali sumber daya ikan yang perlu kita optimalkan. 

“Indonesia memiliki sumber daya genetik ikan (SDGI) yang melimpah sehingga diakui sebagai salah satu negara megabiodiversitas. Namun pemanfaatan SDGI dirasakan belum optimal. Di sisi lain, eksploitasi pemanfaatan beberapa jenis ikan sudah melebihi batas optimal. Hal ini berdampak terhadap kualitas dan kuantitas jenis-jenis ikan tersebut di alam yang menghimpun informasi tentang 8.500 spesies ikan di Indonesia. Aplikasi ini bisa diakses secara bebas oleh masyarakat sebagai khasanah pengetahuan”, tutur Sjarief Widjaja Kepala BRSDM KP.

 BGI Indonesia merupakan aplikasi untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan riset terkait dengan pengelolaan SDGI, baik yang berada di sektor hulu maupun hilir. Riset-riset dimaksud diantaranya eksplorasi, inventarisasi, dan karakterisasi sumberdaya genetik ikan, riset teknologi kriopreservasi untuk penyimpanan SDGI secara in vitro, riset domestikasi sebagai upaya dalam rangka pemulihan SDGI di alam melalui restocking dan untuk mendapatkan jenis baru ikan budidaya.

 Bank membantu dalam menemukan Spesifikasi ikan, mulai dari Jenis ikan, sebaran ikan,  dan yang lebih menarik dapat memberikan informasi susunan  genetik ikan yang telah teridentifikasi. Sehingga aplikasi ini dapat menjadi rujukan dalam ilmu pengetahuan dan riset pengembagan pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya perikanan di Indonesia.

Menteri KP Edhy Prabowo berharap aplikasi bisa seluas-luasnya diakses oleh masyarakat. Tujuannya agar khalayak mendapat banyak informasi tentang kelautan dan perikanan Indonesia. seluas-luasnya diakses oleh masyarakat.

Views All Time
Views All Time
410
Views Today
Views Today
2

Hits: 241

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *