28 Juni 2019. Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menerima kunjungan kerja Komisi II (Bidang Perekonomian) DPRD Provinsi Banten. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi kegiatan fungsi dan tugas pokok melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan pemuliaan ikan. Pertemuan dihadiri oleh Plt. Kepala BRPI, Plh. Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Peneliti BRPI. Sementara Itu anggota DPRD yang turut mengikuti kunjungan sebanyak 10 orang, dan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten A.H Yansen.

Dalam sambutan mewakili Pimpinan Komisi,  H.M Kuswandi. SH selaku Sekretaris Komisi II menyampaikan ucapan terimakasih karena BRPI telah berkenan menerima kunjungan Ini. Pada tahun 2017 dan 2018 lalu  Komisi II DPRD Provinsi Banten juga melakukan kunjungan dalam rangka pengelolaan dan pengembangan penelitian ikan air tawar. Kunjungan kerja kali ini dimaksudkan untuk mengetahui kegiatan penelitian yang ada di BRPI sebagai bahan pengembangan kegiatan perikanan di Provinsi Banten. 

Dalam sambutan balasannya, Plt. Kepala BRPI, Hary Krettiawan, S.Si. M.Si., memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua yang telah hadir, terutama kepada DPRD Banten yang telah memilih BRPI sebagai tujuan kunjungan kerja. Hary Krettiawan menjelaskan bahwa BRPI sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan tupoksi dalam pemulian ikan melakukan tugas membentuk ikan varietas unggul dengan kemampuan tumbuh yang cepat ataupun tahan terhadap penyakit.  Pada tahun 2016 BRPI telah melakukan distribusi calon induk ikan lele Mutiara dan nila Srikandi kepada Dinas Perikanan Provinsi Banten maupun langsung ke pembudidaya di wilayah Provinsi Banten, di antaranya Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, , Kabupaten Serang, Pandeglang dan beberapa Kabupaten lainya. Diharapkan, ikan varietas unggul ini dapat berkembang dan menyebar luas kepada masyarakat sehingga tidak perlu jauh untuk mencari benih ikan untuk kegiatan usaha budidaya ikan.

Sebagai pengantar diskusi, Plh. Kepala Seksi Pelayanan Teknis BRPI, Dr. Ir.  Bambang Gunadi, M. Sc., menyampaikan sekilas profil Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI). Dalam diskusi yang berlangsung hangat, anggota Komisi II Bidang Perekonomian, yang antara lain juga menangani perikanan, meyampaikan  belum dapat terpenuhinya permintaan ikan air tawar di Provinsi Banten. Sebagian besar kebutuhan ikan air tawar masih dipenuhi dari luar daerah seperti Bogor dan sekitarnya. Pada kesempatan ini anggota Dewan juga menyampaikan beberapa pertanyaan tentang kegiatan penelitian pemuliaan ikan, restocking dan pendampingan masyarakat. 

Pada akhir diskusi, Bambang Gunadi menyampaikan bahwa BRPI dapat memberikan layanan jasa riset diantaranya menerima pembudidaya yang ingin berkonsultasi serta memberikan pelatihan dan magang kepada pembudidaya. “Silahkan dikirimkan, BRPI akan sangat berbahagia menerima masyarakat yang datang”, pungkas Bambang.

Pada sambutan penutup, Kuswandi mengharapkan BRPI dapat ikut memberikan mendorong dalam pengembangan budidaya ikan air tawar di Provinsi Banten , dengan memberikan kegiatan pelatihan kepada pembudidaya serta kegiatan lainnya dalam upaya peningkatan dan pengembangan perekonomian masyarakat. 

 

Views All Time
Views All Time
402
Views Today
Views Today
1

Hits: 41

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *