16 Desember 2019 , Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) bersinergi dengan Pusat Data dan   Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar bimbingan teknis sistem repositori ilmiah nasional. Dihadiri peneliti BRPI beberapa peserta dari lembaga lain, diantaranya dari Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI), Balai Besar Tanaman Padi (BBTP) dan Balai Penelitian Tanah (BPT), 

Kegiatan bimtek dibuka oleh Dr.Ir. Bambang Gunadi, M.Sc selaku Plh. Kepala Seksi Pelayanan Teknis mewakili Plt. Kepala Balai, menyampaikan bahwa kegiatan ini mendalami bimtek sistem RIN tahun lalu, dalam kegiatan penyimpanan data informasi hasil penelitian .

 

Selanjutnya kegiatan bimtek dilanjutkan dengan pemaparan mengenai RIN  oleh narasumber Cahya Trianggoro, S.IIP dan Abdurrahman Prasetyadi, S.Sos, M.P  Peneliti dari PDII LIPI , dijelaskan RIN ini sendiri berfungsi sebagai penyimpanan data untuk efisiensi dan  mempermudah menemukan data, melindungi data berharga, menjaga kualitas data, meningkatkan visibilitas penelitian dan reputasi , taat peraturan. Sehingga data riset ataupun data penting dapat terjaga dengan aman. 

Disampaikan juga Materi praktek pembuatan akun, dataverse dan dataset yang disampaikan oleh Abdurrahman Prasetyadi, S.Sos, M.P. Serta praktek pembuatan akun, dataverse dan dataset untuk penenelitian yang langsung dilakukan sistem RIN.

penyimpanan data hasil riset ini juga dapat digunakan sebagai sharing hasil penelitian dan juga mensinergikan kegiatan kerjasama yang dilakukan BRPI dan lembaga yang turut serta pada bimtek kali ini pada penelitian bersama tentang kegiatan riset minapadi 

 

Views All Time
Views All Time
320
Views Today
Views Today
1

Hits: 33

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *