Rabu, 14 Oktober 2020 bertempat di Auditorium BRPI Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI), BRPI bina 20 unit pembenihan rakyat (UPR) Kabupaten. Karawang menjadi dalam rangka peningkatan pengetahuan, kompetensi kemandirian pembudidaya UPR Kab. Karawang.

Kepala BRPI Dr. Joni Haryadi menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus memberikan arahan. Pentinggnya penggunaan induk/benih unggul untuk mendongkrak produktivitas serta meningkatkan efisiensi baik pakan, lahan maupun waktu pemeliharaan. Sebanyak 20 Peserta dari 20 UPR yang merupakan pembudidaya ikan di Kabupaten Karawang sangat antusias mengikuti program peningkatan kompetensi terutama budidaya ikan Lele Mutiara.

Dr. Joni Haryadi juga menyapaikan kepada Unit Pembenihan Rakyat (UPR), yang selama ini masih belum menggunakan induk-induk unggul. diharapkan kedepanya UPR akan selalu menggunakan induk unggul untuk menghasilkan benih-benih berkualitas tinggi yang pada gilirannya nanti dapat menyediakan sumber protein hewani bagi masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan baik pada segmen pembenihan, pendederan maupun pembesaran.”

Sebagai mata rantai awal, UPR adalah penyedia benih untuk tahapan berikutnya. Sehingga, jika UPR menggunakan induk unggul maka pembudidaya pada segmen pendederan dan pembesaran akan mendapatkan benih berkualitas yang akan meningkatkan produktivitas” tambah Joni Haryadi


Kegiatan mulai tanggal 14-16 Oktober 2020 ini, dengan materi kegiatan budidaya ikan lele disampaikan oleh Bambang Iswanto, S.Pi. MP, ikan gurami Drs. Sularto, M.Si dan ikan nila, Dr. Bambang Gunadi.MSc dengan materi yang difokuskan pada aspek pembenihannya ikan. Selain materi pelaku usaha juga diajak untuk langsung melakukan melakukan pemijahan ikan lele secara buatan, mulai dari pemilihan induk penyuntikan, pemijahan, panen larva hingga pengepakan benih.

Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan, Peserta diberikan sertifikat dalam pelatihan secara simbolik kepada peserta. Dalam sambutan penutupan, Plt. Kepala BRPI menyampaikan harapan semoga dari pelatihan yang telah terlaksana ini dapat memberikan ilmu yang dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan pada usahanya.

Views All Time
Views All Time
204
Views Today
Views Today
1

Hits: 66

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *