Pada tanggal 13 Desember 2018, Balai Riset Pemuliaan ikan menerima penganugrahan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI). Acara yang di gelar oleh Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Penelitian Tinggi dalam rangka Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2018. Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018 merupakan upaya dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang baik dalam lingkup litbang kementerian, litbang non kementerian, litbang daerah, dan litbang industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdayasaing.

Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2016 yang diadakan mulai dari tanggal 12-14 Desember 2018 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yakni: Jambore PUI dan Workshop Penguatan Sinergi PUI Tahun 2016 pada tanggal 12 dan 14 Desember 2018 di GWB Kawasan Puspitek, Tanggerang Selatan serta pemberian Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018, Forum Silahturahmi PUI Tahun 2018, Gelar Produk Unggulan PUI 2018, PUI Corner di area ICE BSD, Tanggerang Selatan pada tanggal 13 Desember 2018.


Deklarasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2018 yang bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang yang layak untuk ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI). Penilaian kelayakan penetapan PUI didasarkan dari hasil penilaian terhadap lembaga litbang baik melalui proses pembinaan maupun proses Seleksi PUI Tahun 2018. Sebagai lembaga yang telah mendapatkan pembinaan selama 3 tahun, BRPI telah membuktikan komitmenya sebagai litbang yang mampu menjadi Pusat Unggulan Iptek Pumuliaan Ikan dengan hasil capaiaan yang telah diperoleh. Dalam masa pembinaannya, BRPI mengembangkan 3 (tiga) kapasitas kelembagaan yang mencakup kapasitas lembaga mengakses informasi (Sourcing Capacity), kapasitas riset (Research and Development Capacity), dan kapasitas diseminasi (Disseminating capacity). Ke-3 aspek tersebut, merupakan aspek yang diambil sebagai poin penilaian untuk dapat ditetapkan sebagai lembaga PUI, dan dalam penilaiannya BRPI mendapatkan nilai yang cukup memuaskan dari hasil kinerja di 2018.

Diharapan untuk kedepannya, dengan mendapatkanya apresiasi dan ditepkannya BRPI sebagai Lembaga PUI Pemuliaan Ikan dapat memberikan semangat baru dan memotivasi untuk menjadi lembaga yang mampu memberikan produk unggulan serta mampu mempertahanka sebagai lembaga unggulan yang fokus dalam pemuliaan ikan.

Views All Time
Views All Time
640
Views Today
Views Today
1

Hits: 51

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *