Pada tanggal 22 Mei 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan menerima kunjungan Kepala Dinas Kelautan dan  Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Ir. H. Abdul Kodir M.Sc, didampingi 3 orang pejabat DKP diantaranya Kepala DKP, yakni Kepala Bidang Budidaya Ir.H.Hanura Nursyamsi, M.Sc,  Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Benih Ikan (UPTD BBI) Cimaja, Iin Ladinillah, S. Pi, dan Manager Pengendalian Mutu Irsan Lubis, S.Pi. Rombongan diterima langsung oleh Plt. Kepala BRPI Hary Krettiawan, S. Si, MSi., didampingi oleh Plh. Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Penanggung Jawab Jasa Riset dan Perpustakaan serta Koordinator dan Peneliti Komoditas ikan lele. Tujuan kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembahasaan dan penandatanganan perpanjangan kerjasama dalam rangka melakukan pengembangan sumberdaya manusia dan perikanan budidaya di Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, Hary krettiawan memberikan ucapan terimakasih kepada DKP Kab Sukabumi karena melalui kerjasama ini, ikan lele Mutiara dapat lebih disebarluaskan ke masyarakat dan pembudidaya khususnya di wilayah Sukabumi. 

Pada saat pembahasan kerjasama, selain kegiatan perbanyakan calon induk ikan lele kelas Parent stock (PS) di UPTD BBI Cimaja dan beberapa poin kerjasama ditambahkan untuk kegiatan tahun 2019 diantaranya distribusi calon induk ikan nila Srikandi untuk dapat dipelihara dan dimanfaatkan untuk menghasilkan benih sebar nila Srikandi serta pemberian pendampingan teknis oleh BRPI kepada DKP Kabupaten Sukamandi. Penambahan kegiatan ikan nila Srikandi  ini diusulkan Hanura Nursyamsi, Kepala Bidang Budidaya DKP Kabupaten Sukabumi, untukmemenuhi kebutuhan dan permintaan ikan nila yang mampu bertahan di salinitas terutama di daerah pesisir selatan Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan kunjungan ini disampaikan juga laporan perkembangan dari calon induk ikan lele Mutiara yang telah didistribuskkan pada tahun 2018.  Irsan Lubis mengatakan bahwa calon induk tersebut telah dapat dipijahkan dan dari hasil pengamatan pemeliharaan, Ikan lele Mutiara cukup kuat dan dapat bertahan pada perubahan cuaca  dengan nafsu makan yang baik dan hasil pertumbuhan yang cukup stabil.

Pada akhir diskusi,  Abdul Kodir menyampaikan harapannya agar kerjasama dapat tetap berlanjut dengan baik dan diharapkan BRPI terus memberikan pendampingan dalam kegiatan produksi ikan lele Mutiara dan rencana pengembagan budidaya ikan nila Srikandi.

 

Views All Time
Views All Time
515
Views Today
Views Today
1

Hits: 140

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *