Memenuhi permintaan yang disampaikan sebelumnya, pada hari Selasa 05 September 2017, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) melaksanakan penyerahan Calon Induk Ikan Patin Siam ke anggota Asosisasi Pengusaha Catfish Indonesia Tulungagung (APCITA). Penyerahan calon induk ikan patin siam dilakukan oleh Jadmiko Darmawan Widi Prasetiya, S.Pi selaku Peneliti Komoditas Ikan Patin mewakiti BRPI dan diterima langsung oleh Supangat selaku Sekretaris APCITA Tulungagung, Jawa Timur. Calon Induk ikan patin Siam yang diserahkan kepada APCITA sebanyak 65 ekor betina dan 35 ekor jantan. Distribusi ikan patin Siam ini melengkapi penyerahan sebelumnya berupa calon induk ikan Lele Mutiara sebanyak 20 Paket (200 ekor betina dan 100 ekor jantan) yang telah dilakukan pada tanggal 16 Mei 2017 yang lalu.

Tujuan dari kegiatan distribusi calon induk ini adalah untuk mendukung peningkatan produksi benih ikan patin dan lele yang akan dimanfaatkan oleh seluruh anggota asosiasi. Dengan distribusi calon induk ikan patin Siam dan ikan lele ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pembudidaya ikan patin dan lele di wilayah Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya dalam rangka pengembangan budidaya ikan patin siam dan ikan lele untuk meningkatkan produksi perikanan.

Asosisasi Pengusaha Catfish Indonesia Tulungagung (APCITA) merupakan asosiasi atau perhimpunan para pengusaha ikan patin dan ikan lele di wilayah Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. APCITA dibentuk tahun 2013 dan menghimpun anggota sebanyak 23 orang, yang terdiri dari pembenih ikan lele sebanyak 1 orang, pembesar ikan lele sebanyak 7 orang, pembenih ikan patin sebanyak 2 orang dan pembesar ikan patin sebanyak 11 orang. APCITA merupakan bagian dari Asosisasi Pengusaha Catfish Indonesia.

Views All Time
Views All Time
1416
Views Today
Views Today
1

Hits: 415

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *