Pada 14-15 Mei 2020 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, di tengah pandemi Covid-19, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) turut mendukung Gerakan Berbagi Nasi Ikan yang diinisiasi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. BRPI melakukan gerakan sosial dengan memberi nasi ikan peda masyarakat sekitar kantor BRPI di Patokbeusi Kabupaten Subang. Dengan mengkonsumsi ikan daya tahan (imunitas) tubuh tetap terjaga karena banyaknya gizi yang terkandung pada ikan. Gerakan berbagi nasi ikan ini dilakukan sebagai upaya penguatan imunitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Berkat antusias donasi yang dikumpulkan melalui BRPI Berbagi serta dukungan Koperasi Usaha Loka Mekar Sejahtera yang dikelola oleh pegawai BRPI, tidak hanya nasi ikan yang dapat dibagikan, namun juga ikan lele segar sebanyak 500 Kilogram juga diberikan sebagai tambahan kepada 170 keluarga di Desa Rancamulya, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Joni Haryadi, Kepala BRPI  mengatakan, gerakan berbagi nasi ikan sebagai wujud nyata kepedulian atas pandemi COVID-19 yang tengah sama-sama kita alami.  Selain itu, kami melakukan edukasi langsung kepada masyarakat tentang penting menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan sabun sebagai upaya untuk mencegah penularan penyakit.  Gerakan serupa akan kami lakukan lagi minggu depan sebagai bentuk kepedulian dengan harapan dapat sedikit meringankan beban, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat di sekitar BRPI.  Nasi sebagai makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi memberikan energi dalam bentuk karbohidrat, sedangkan ikan sebagai lauk menyumbangkan sumber protein.  Jumlah protein pada ikan kurang lebih 17%. Protein penting untuk pertumbuhan dan  Perkembangan tubuh, pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh yang aus.  Ikan  juga mengandung sejumlah lemak ikan, yang diketahui merupakan komponen penting bagi kesehatan kita, seperti vitamin yang larut dalam lemak (A dan D) dan asam lemak esensial Omega 3 asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang telah menunjukkan peran positif dalam mencegah masukknya penyakit.

Gerakan ini sangat direspon positif oleh masyarakat.  Dengan adanya Gerakan Berbagi Nasi Ikan ini diharapkan dapat menggugah solidaritas antar sesama untuk saling membantu dan memperhatikan masyarakat sekitar di tengah pandemi COVID-19 ini. Kegiatan ini sekaligus sebagai sosialisasi gemar makan ikan dengan mengajak masyarakat agar rajin mengkonsumsi ikan.

 

Views All Time
Views All Time
340
Views Today
Views Today
1

Hits: 158

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *