1 Agustus 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menerima kunjungan rombongan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kunjungan Ini disambut langsung oleh Dr.Ir. Bambang Gunadi. M.Sc, Plh. Kepala Seksi Pelayanan Teknis BRPI, mewakili  Kepala BRPI didampingi oleh para Koordinator Penelitian dan juga beberapa Peneliti Pemuliaan di BRPI. 

Dalam kunjungan studi banding ini rombongan DKP DIY terdiri dari 8 orang dan dipimpin oleh Sekretaris DKP, R Hery Sulistio Hermawan, S.Pi, MT didampingi oleh  Prof. Dr Rustadi, M.Si, Guru Besar Departemen Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada. Turut serta dalam kunjungan ini Yahya Hamitisna, S.Pi Seksi Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya DKP DIY, Imsak Fery Ramdhan, S.Pi, dari Subbagian Program,  Roosmanto, S.Pi., Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Balai Air Tawar, Yudi Kasmono, A.Md, Pimpinan Unit Kerja BAT Cangkringan, Muhammad Alam Ardian Alfian, S.Pi Analis Budidaya, Satono dan Jumana Pengelola Produksi.

Pada kesempatan diskusi, Prof. Dr. Rustadi, M.Si menyampaikan bahwa teman-teman DKP DIY mendapatkan mandat untuk mengembangkan ikan budidaya khas DIY khususnya ikan nila merah. Pada saat ini, bila merah yang beredar di wilayah DIY perlu mendapatkan penanganan untuk mengembalikan performa minimal setara dengan Nilai SA pada saat baru dirilis. “Untuk tujuan tersebut, mungkin kita dapat membawa ikan nila merah yang dikembangkan di BRPI untuk dapat dikembangkan di daerah Yogyakarta”, jelas Prof. Rustadi.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Bambang Gunadi menjelaskan bahwa  saat ini BRPI juga sedang sedang melakukan riset pemuliaan ikan nila merah untuk mendapatkan ikan nila merah unggul yang dapat tumbuh cepat dan berdaging tebal. Sebagaimana diketahui, ikan nila merah yang saat ini beredar di masyarakat memiliki daging yang tipis.

Setelah diskusi di Auditorium BRPI, acara dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke hatchery komoditas ikan Nila, ikan Mas, Ikan Lele. Agenda kunjungan ke hatchery Plasma Nutfah dibatalkan karena waktu yang terbatas dan rombongan harus segera menuju ke obyek kunjungan lain di Kabupaten Subang..

Dari kunjungan ini Prof. Rustadi berharap kedua pihak dapat saling mengisi dalam kegiatan penelitian sebagai kolaborasi antara BRPI dan DKP DIY. Bahkan Prof Rustandi bersedia sebagai penghubung dengan UGM dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Views All Time
Views All Time
456
Views Today
Views Today
1

Hits: 76

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *