Balai Penelitian Pemuliaan Ikan mengirimkan salah satu peneliti yaitu Priadi Setyawan, S.Pi., M.Si (Sebelah kiri dari baris kedua) untuk mengikuti diklat asesor Lembaga Sertifikasi Profesi Akuakultur Indonesia (LSP-AI) pada tanggal 20-24 Februari 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Pengiriman salah satu pegawai BPPI tersebut merupakan implementasi pengembangan SDM di BPPI sekaligus untuk menguatkan BPPI sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pemuliaan Ikan yang dibina oleh Kemenristek Dikti sejak tahun 2016. Pelatihan asesor merupakan pembelajaran yang berisikan tentang metodologi asesmen seorang asesor, dimana teknik pembelajaran yang dilakukan melalui penyampaikan materi face to face, diskusi, penugasan, role play hingga uji kompetensi dan uji asesor yang dilakukan oleh master asesor. Peserta akan dibimbing oleh master asesor yang ditugaskan oleh Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) selama pelatihan berlangsung. Pelatihan asesor tersebut dilaksanakan berdasarkan standar unit kompetensi metodologi BNSP.

Peserta pelatihan LSP-AI pada angkatan kedua sebanyak 15 orang yang terdiri dari dosen dari berbagai perguruan tinggi, peneliti dan perekayasa. Materi yang diberikan meliputi pengarahan tentang kebijakan BNSP, kebijakan pengembangan skema sertifikasi, merencanakan dan mengorganisasikan perangkat asesmen, mengembangkan perangkat asesmen dan melaksanakan asesmen. Pelatihan asesor kompetensi tersebut menerapkan sistem pelatihan dengan  40 jam efektif. Selama pelatihan, peserta didampingi oleh dua orang master asesor pembimbing dan dua orang master asesor penguji dari BNSP.

Melalui pengembangan kompetensi sebagai asesor tersebut diharapkan SDM BPPI dapat berperan serta dalam menjaga kualitas SDM akuakultur secara nasional melakui skema sertifikasi tenaga akuakultur disamping fungsi utamanya dalam kegiatan penelitian pemuliaan ikan.

Views All Time
Views All Time
1497
Views Today
Views Today
1

Hits: 564

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *