kolamPerkolaman adalah suatu areal yang memiliki minimal 4 buah kolam. Pegairan suatu perkolaman harus diatur, agar kualitas air kolam tetap baik. Selain itu juga agar mudah pengelolaannya. Pengairan kolam ada dua sistem, yaitu seri dan paralel.
Seri adalah sistem pengairan kolam dimana setiap kolam tidak mendapat air baru dari saluran pemasukan, tetapi air hanya dialirkan ke sebuah kolam dan air itu dialirkan lagi ke kolam lain. Sistem pengairan ini kurang baik, karena tidak dapat menjaga kualitas air kolam. Selain itu, sistem ini sulit dalam pengelolaannya, terutama sewaktu panen. Bila kolam bagian atas dipanen akan mengganggu kolam bagian bawahnya.
Paralel adalah sistem pengairan dimana setiap kolam mendapa air baru atau air yang sudah dialirkan tidak dialirkan ke kolam lain. Sistem pengairan ini yang baik, karena kualitas air kolam dapat terjaga. Selain itu, sis-tem ini mudah dalam pengelolaannya. Bila kolam satu dipanen tidak mengganggu kolam lain.
Sebuah perkolaman dengan pengairan sistem seri akan terdiri dari tiga bagian, yaitu saluran masuk, kolam dan saluran pembuangan. Saluran pemasukan dibuat di bagian tengah, saluran tengah dibuat di tepi atau di belakang kolam. Sementara kolam dibuat antara saluran pemasukan dan saluran pembuangan. (BIPI-Sukabumi).

Views All Time
Views All Time
1527
Views Today
Views Today
4

Hits: 957