Kamis (02/02/2017) Sebanyak 248 mahasiswa Manajemen Agribisnis IPB melakukan kunjungan lapangan (Field trip) ke Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi. Rombongan ini dipimpin oleh Intani Dewi, S.Pt., MM dan didampingi oleh 3 orang dosen pembimbing lainnya. Pada kesempatan ini, Kepala Balai Penelitian Pemuliaan Ikan, Dr. Imron, S.Pi., M.Si dalam sambutannya menyatakan tugas pokok dan fungsi BPPI antara lain melaksanakan penelitian pemuliaan ikan budidaya.

Setelah paparan tentang profil BPPI oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Dr. Ir. Bambang Gunadi, M.Sc., dan pemutaran video yang berisi informasi seputar BPPI. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Beberapa topik yang mendapat perhatian antara lain proses pemeliharaan ikan dan udang galah budidaya dari mulai pemijahan hingga pembesaran dan proses distribusi yang dilakukan di BPPI.

Sebelum kunjungan lapangan, acara diisi dengan pertukaran cenderamata antara BPPI dan Program Diploma 3 IPB. Selanjutnya mahasiswa mengikuti kunjungan lapangan ke Hatchery atau fasilitas penelitian lainnya. Sesuai dengan komoditas yang ada di BPPI, mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan komoditas yang ada, yakni komoditas ikan nila, ikan patin, ikan mas, ikan lele, dan udang galah. Pada sesi tersebut para mahasiswa mendapatkan penjelasan secara lebih teknis mengenai kegiatan penelitian pemuliaan ikan yang dilakukan oleh para peneliti dan teknisi di masing-masing komoditas.

  

Kunjungan Lapangan Mahasiswa DIII Manajemen Agribisnis  ke Hachery dan Penjelasan Profil Singkat BPPI

Views All Time
Views All Time
1787
Views Today
Views Today
1

Hits: 727

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *