Koleksi dan Karakterisasi Ikan Gabus (Channa sp) untuk Perakitan Ikan Gabus Kaya Albumin

METODOLOGI :

Pada tahun pertama akan dilakukan koleksi, karakterisasi, dan evaluasi plasma nutfah ikan gabus dari Sumatera, Jawa dan Kalimantan.  Karakterisasi dilakukan pada parameter kandungan albumin dan potensi produksi. Analisis kandungan albumin dilakukan pada benih hasil pemijahan dengan ukuran relatif sama, bobot sekitar 25 g, dengan menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC) sesuai Januar et al. (2015).

TUJUAN :

Tujuan jangka panjang: membentuk varietas unggul ikan gabus dengan kandungan albumin tinggi melalui program seleksi.  Tujuan jangka pendek: mendapatkan koleksi ikan gabus dari beberapa sumber populasi dan informasi terkait potensi produksi dan variasi kandungan albumin

LOKASI : Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat

PROGRESS :

  • Telah dikoleksi 130 ekor ikan gabus hasil budidaya asal Mandiangin (Kalimantan Selatan) dengan bobot rata-rata 300 g dan 125 ekor ikan gabus asal Lumajang (jawa Timur) dengan bobot rata-rata 300 g. Kedua populasi ikan gabus tersebut telah teraklimatisasi pada kolam budidaya di sukamandi selama 20 dan 15 hari dengan tingkat kematian 1-2 %.
Views All Time
Views All Time
458
Views Today
Views Today
1

Hits: 165