Rabu, 8 Mei 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan kunjungan dari Haed of aquaculture Cired Agricultural Research for Development Mrs. Samira Sarter bersama Helene tim dari Institut de recherche pour le développement (IRD) France didapingi oleh Anang Hari peneliti dari Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP).

Hary Krettiawan S.Si, M.Si selaku Plh. Kepala BRPi menyambut baik kunjungan tersebut secara langsung dan mendampingin untuk memelihat fasilitas dan kegiatan teknis BRPI diantaranya komoditas ikan Patin dengan memperkenalkan ikan patin Perkasa yang baru di rilis pada tahun 2018 lalu.

Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan diskusi pada ruang rapat, yang dihadiri peneliti BRPI. Mrs.Samira Sarter menyampaikan maksud kujungan tersebut untuk melakukan diskusi mengenai riset dan perkembangan perikanan Indonesia serta ingin mengetahui kegiatan riset yang sedang dikerjakan yang berkemungkinan dapat dilakukan bersama dalam projek penelitian. Mrs. Samira Sater menjelaskan Institut de Recherche pour le Developement (IRD) merupakan Institut Penelitian Prancis untuk pembangunan atau sebuah perusahaan ilmu pengetahuan dan teknologi Perancis di bawah pengawasan bersama Kementerian Pendidikan Tinggi Prancis dan penelitian dan urusan Luar Negeri sehingga tidak menutup kemungkinan kerjasama pada bidang pendidikan juga dapat dilakukan.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan penelitian di BRPBATPP Bogor tentang ketahanan ikan pada lingkungan dan penyakit dan kerjasama tersebut masih berjalan sampai saat ini, IRD juga telah melakukan kerjasama di beberapa negara diantaranya madagaskar, vietnam, Indonesia. Nanti akan ada konferensi diskusi pada bulan Oktober di Bogor tentang kegiatan yang akan saya lakuakan mungkin dapat dilakukan salah satunya di BRPI tambah Mrs. Samira Sarter

Menanggapi hal tersebut Hary Kerettiawan mengatakan bahwa  BRPI sangat terbuka dalam kegiatan kerjasama sehingga perlu adanya perencanaan yang perlu didiskusikan kembali agar kegiatan tersebut dapat terealisasi.

Dengan adanya inisiasi kerjasama ini BRPI diajak untuk dapat mengusulkan kegiatan riset yang akan dikerjakan ataupun permasalahan pada kegiatan budidaya perikanan yang dapat diselesaikan bersama dengan harapan kegiatan yang akan memberikan dampak positif bagi perkembangan kemajuan perikanan Indonesia

 

 

Views All Time
Views All Time
556
Views Today
Views Today
1

Hits: 78

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *