Dalam rangka mempersiapkan kegiatan audit eksternal maka Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi melaksanakan kaji ulang manajemen (review) ISO 9001:2015. Kegiatan kaji ulang manajemen tersebut dilaksanakan pada hari senin, 09 Oktober 2017 yang di dampingi oleh 2 orang konsultan ISO BRPI dan Tim SPIP BRPI sebagai tim auditor internal. Tim SPIP BRPI terdiri dari Hary Krettiawan, S.Si., M.Si, Warsono, S.AP., Endang Wahyudin, SH, dan Zaenal Arifin, S.E. Peserta kaji ulang manajemen adalah Bagian Seksi Tata Operasional meliputi monitoring dan evaluasi BRPI serta pengadaan, Bagian Seksi Tata Usaha meliputi persuratan dan keuangan, dan Bagian Pelayanan Teknis meliputi Jasa Riset dan Perpustakaan, Sarana dan Prasarana serta Laboratorium.

Kaji ulang manajemen ISO 9001:2015 merupakan kegiatn yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi penerapan sistem manajemen mutu di laboratorium yang telah ditetapkan dalam dokumen sistem manajemen mutu serta mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan, tindak lanjut serta rencana program kedepannya. Dalam kaji ulang manajemen ini dilakukan pengumpulan dokumen dan pengecekan dokumen oleh tim auditor ISO. Pada saat pengecekan dokumen oleh tim auditor, indikator yang diperhatikan ialah kelengkapan isi dokumen dan kesesuaian  dokumen dengan SOP. Berbagai usulan juga banyak diberikan baik oleh tim auditor ISO maupun pegawai yang bersifat teknis maupun manajerial yang diharapkan akan menigkatkan kualitas kerja, baik dalam segi riset maupun peningkatan kualitas kepuasan pelanggan untuk jasa riset.

Pertemuan kaji ulang manajemen ini telah mnghasilkan resume dari berbagai macam usulan untuk tindak lanjut dari kegiatan tahun lalu untuk peningkatan kinerja di tahun mendatang. Sehingga diharapkan, dengan adanya kaji ulang ISO 9001:2015 ini akan membantu BRPI jika akan diadakan audit eksternal mendatang.

Views All Time
Views All Time
1061
Views Today
Views Today
1

Hits: 181

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *