Pada tanggal 16 November 2018, Acara Festival Lauk Juara yang diadakan dalam rangkaian kegiatan Festival Gedung Sate 2018 serta turut Peringatan Hari Makan Ikan Nasional pada 21 November 2018. Festival Lauk Juara yang diselenggarakan atas kerjasama DKP Provinsi Jawa Barat dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universita Padjajaran menampilkan hiburan tarian Rampak Gendang dan tarian Burung Merak oleh Mahasiswa Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran (UNPAD)

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA., PIA, yang membuka dengan kata sambutan, mengatakan “Festival Lauk Juara ini merupakan salah satu langkah sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan, juga sebagai sarana promosi produk-produk olahan serba ikan”.

Dalam acara tersebut, Dr. Imron, S,Pi. M,S Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat yang diserahkan oleh Sekda atas kontribusinya sebagai Peneliti Bidang Pemuliaan dan Genetika Ikan. Pada kesempatan itu juga, pemberian penghargaan kepada peneliti hibridisasi Gurame Galunggung Super menurut Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tentang Pelepasan Ikan Gurami Galunggung Super kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, yang kemudian diserahkan kepada Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan, sebagai unit pengembangan Gurami Galunggung Super (strain unggul Singaparna).

Selin pemberiaan penghargaan festival yang berlangsung selama dua hari tersebut  bertujuan untuk memperkenal teknologi perikanan dalam budididaya dan penangkapan serta untuk meningkatkan kegemaran makan ikan kepada masyarakat diantaranya dengan  gelar teknologi perikanan, Talkshow tentang smart fishing, Penyerahan bantuan alat tangka ikan (smartfishing) secara simbolis dan sertifikat cara pembibitan ikan yang baik (CPIB) dan cara budidaya ikan yang baik (CBIB). Acara juga diimeriahkan dengan bazar produk perikanan,  demo masak olahan ikan dan atraksi seni budaya tradisional Jawa Barat serta acara makan ikan sawaregna.

Dari kegiatan Festival Lauk Juara yang diselenggarakan  Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA., PIA, berharap, Festival Lauk Juara ini menjadi kegiatan tahunan guna meningkatkan konsumsi makan ikan serta melalui sosialisasi gemar makan ikan juga diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat Jawa Barat. Sekaligus, meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pendapatan petani”

Views All Time
Views All Time
539
Views Today
Views Today
2

Hits: 83

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *