Kamis, 18 Februari 2021, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Prof Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA bersama Kepala Pusat Riset Perikanan Yayan Hikmayani, S.Pi., M.Si melaksanakan kunjungan kerja ke Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI).

Dalam acara tersebut Kepala BRPI Dr. Joni Haryadi, M.Sc sampaikan rencana program kerja BRPI Tahun 2021.

Menanggapi rencana yang disampaikan, Prof. R. Sjarief Widjaja berikan arahan mengenai roadmap induk dan benih ikan unggul hasil riset pemuliaan BRPI tahun 2021-2024 dalam mendukung peningkatan produksi budidaya nasional.  

“Masyarakat sangat memerlukan induk ikan unggul, untuk itu, riset juga harus dapat melihat permintaan pasar dan memperhitungkan titik optimal segmen budidaya yang tepat sehingga dapat  mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya nasional.” Jelas Sjarief Widjaja.

 

 

Selain itu beliau menyampaikan arahan tentang pengembangan Bank Genetik Ikan Indonesia (BGI) yang diamanahkan kepada BRPI sebagai pusat pengolah database dan pengamanan biota ikan asli Indonesia yang hampir langka untuk didomestikasi. Bank Genetik Ikan ini juga diproyeksikan untuk  dapat menyimpan sel-sel reproduktif ikan (sperma dan embrio) untuk dapat diteliti dan dikembangkan dalam menjaga jenis ikan tertentu dari kepunahan dan menghasilkan jenis-jenis baru ikan budidaya yang lebih produktif.

Pada akhir kegiatan Kepala BRSDMKP didampingi Kepala Pusriskan meninjau hatchery komoditas ikan nila, mas, gurami, lele, patin, udang galah dan plasma nutfah. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan dan Kepala Pusat berdiskusi dan berikan arahan dengan koordinator dan tim peneliti terkait dengan peluang-peluang dalam mendukung peningkatan produksi budidaya Nasional di setiap komoditas.


Views All Time
Views All Time
196
Views Today
Views Today
1

Hits: 85

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *