Keberadaan laboratorium sangatlah penting untuk mendukung sebuah lembaga penelitian. Laboratorium yang saat ini dimiliki Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi yang menyatu di gedung utama adminstrasi dirasakan sudah kurang memadai seiring dengan terus bertambahnya personil yang terlibat di dalam kegiatan di laboratorium, serta keberadaan peralatan baru yang membutuhkan kondisi yang spesifik sesuai dengan standar nasional pengelolaan laboratorium. Laboratorium Penguji di BRPI yang meliputi Laboratorium Fisiologi dan Genetik serta Laboratorium Lingkungan telah telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan sertifikat SNI ISO/IEC 17025:2008 pada tanggal 29 Juli 2015. Latar belakang ini antara lain yang mendorong BRPI berupaya untuk meningkatkan kapasitas Laboratorium yang dimiliknya dengan membangun gedung laboratorium terpadu yang dirancang untuk memenuhi persyaratan teknis yang dibutuhkan personil dan peralatan yang ada.

Pada tahun anggaran 2018 ini, BRPI berhasil mendapatkan anggaran untuk membangun laboratorium terpadu pemuliaan ikan seluas 308 m2. Melalui proses lelang yang diselenggarakan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, diperoleh pemenang PT. Bangun Tata Sarana sebagai kontraktor pelaksana  pembangunan gedung Laboratorim Terpadu Pemuliaan ikan ini.  Dengan disaksikan oleh Dr. Imron S.Pi, M.Si selaku Kepala BRPI, penandatanganan kontrak pelaksanaan pembangunan antara  Dr. Ir. Bambang Gunadi, M.Sc selaku Pejabat Pembuat Komitmen BRPI  dengan Eduard Sibarani selaku Direktur PT. Bangun Tata Sarana telah dilaksanakan pada tanggal 1 Pebruari 2018.

Pasca penandatanganan kontrak, Kepala BRPI yang disertai dengan Pejabat Pembuat Komitmen, kontraktor, konsultan perencana dan konsultan pengawas melakukan peninjauan lapangan. Lokasi pembangunan gedung laboratorium terpadu direncanakan terletak di belakang gedung utama BRPI dan diperkirakan  membutuhkan waktu selama 120 hari. Keberadaan gedung laboratorium yang baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja penelitian yang dilakukan di BRPI Sukamandi.

Views All Time
Views All Time
859
Views Today
Views Today
1

Hits: 221

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *