Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menggelar kegiatan Workshop Peningkatan Produktivitas Budidaya Ikan Nila untuk Kawasan Tambak Udang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2019 di Balai Pelatihan dan Penyuluh Perikanan Tegal (BP3) tersebut, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kerjasama riset antara BRPI dan Wageningen University & Research (WUR), Belanda. Workshop diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 21 Penyuluh Perikanan  dan 3 Pembudidaya ikan nila yang berasal dari 10 Kabupaten di kawasan pantai pulau Jawa, mulai dari Kabupaten Serang di Provinsi Banten hingga Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Acara workshop diawali dengan sambutan Plt. Kepala BRPI yang diwakili oleh Dr. Imron, M.Si, dan dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BP3) Tegal Moch. Muchlisin, A.Pi, M.P.  Selanjutnya, Workshop secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Riset Perikanan Budidaya yang diwakili oleh Kepala Bidang Riset Perikanan, Agus Cahyadi, S,Pi. M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Agus Cahyadi menyampaikan bahwa ada tiga poin penting dalam pendayagunaan yang optimal yakni antara penyuluh dan  peneliti sinergi, pemanfaatan hasil riset kepada masyarakat serta kompetensi penyuluh di lapangan sebagai kekuatan dalam membangun perikanan.

Salah satu agenda Workshop ini adalah validasi data informasi dari lapangan yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh para penyuluh dan pembudidaya. Acara ini dipandu oleh Priadi Setiawan, S.Pi, M.Si, Peneliti BRPI yang sedang melakukan Studi Doktoral di Wageningen University dalam bidang pemuliaan ikan nila. Kehadiran penyuluh dan pembudidaya di Workshop ini menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat karena merekalah yang mengetahui kondisi riil di lapangan.  Informasi yang dikumpulkan dalam hal teknis budidaya dan karakteristik jenis ikan nila yang digemari atau yang diinginkan masyarakat, dapat dijadikan sebagai referensi dalam riset pemuliaan dalam peningkatan produktivitas ikan nila di kawasan tambak.  

Workshop yang berlangsung selama 2 hari ini juga diisi pemberian materi teknis dan diskusi tentang  pemuliaan ikan bagi usaha budidaya oleh Dr. Imron, S.Pi, M.Si, dan teknik budidaya ikan nila Srikandi di tambak oleh Dr. Ir. Bambang Gunadi, M.Sc.  Diskusi berjalan sangat dinamis, dan banyak masukan dan saran berdasarkan keadaan kondisi usaha perikanan dan permasalahan yang terjadi di lapangan.

Pada akhir acara sebelum menutup kegiatan Workshop, Plt. Kepala BRPI, Hary Krettiawan, S.Pi, M,Si, menyampaikan perlu adanya sinergi yang baik antara penyuluh dan peneliti dalam membangun  bidang perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini selaras dengan tiga misi KKP, kemandirian, kedaulatan dan kesejahteraan dalam menuju perikanan yang lebih baik dengan untuk masyarakat.

 

Views All Time
Views All Time
387
Views Today
Views Today
1

Hits: 42

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *