Pada tanggal 18 Januari 2020, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) mendapat kunjungan Wakil Ketua Bidang Sinergi Dunia Usaha Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Agnes Marcellina Tjhin. Kepala BRPI Dr. Joni Haryadi. D,M.Sc bersama para Peneliti menyambut dengan hangat kunjungan ini.

Joni Haryadi menyampaikan rencana pengembagan BRPI menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sesuai arahan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA,. Dalam hal ini, BRPI merasakan perlunya pendampingan dan dukungan dari pemangku kepentingan serta bersinergi antara lembaga Pemerintah yang lain.

BRPI sebagai Unit Pelaksana Teknis yang bertugas melakukan kegiatan riset pemuliaan, dengan hasil akhir berupa varietas ikan budidaya unggul yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Sampai saat ini BRPI telah menghasilkan 5 jenis ikan varietas unggul, yakni Ikan Lele Mutiara, Udang Galah GI Makro II, Ikan Patin Pasupati, Ikan Mas Mustika, Ikan Nila Srikandi dan Ikan Patin Perkasa. Satu lagi ikan varietas unggul baru yaitu Ikan Gurami Bima pada saat ini sedang dalam proses persetujuan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk dirilis secara resmi ke masyarakat. Jenis-jenis ikan ini telah banyak digunakan masyarakat dan tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah berkeliling meninjau berbagai fasilitas  Hacthery dan perkolaman dan produk varietas unggul di BRPI, Agnes Marcellina memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilaksanakan di BRPI. Dengan kawasan seluas 56 Ha lebih, BRPI menyimpan potensi pengembangan yang sangat besar. Dia menyampaikan harapannya melalui kunjungan ini dapat memberikan dorongan agar  pengembangan BRPI menjadi BLU segera menjadi kenyataan.

 

Views All Time
Views All Time
340
Views Today
Views Today
1

Hits: 48

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *