Dalam rangka studi komparatif dan menindaklanjuti distribusi ikan Mas Mustika ke Provinsi Sumatera Barat tahun 2016, Kepala Balai Benih Ikan (BBI) Lundar Kabupaten Pasaman melaksanakan kunjungan ke Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi pada hari Rabu, 18 Oktober 2017.  Pada kunjungan tersebut, Kepala BBI Lundar. Edison, S.ST diterima langsung oleh Kepala BRPI, Dr. Imron, S.PI., M.Si. dan  Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Dr. Ir. Bambang Gunadi, M.Sc. didampingi oleh Koordinator dan beberapa peneliti dari Komoditas Ikan Nila dan Ikan Mas.

     Dalam pernyataannya, Edison, S.ST. menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke BRPI kali ini adalah untuk menindaklanjuti kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman dengan BRPI terkait dengan distribusi calon induk ikan Mas Mustika yang telah dilaksanakan pada tahun 2016. Sebagaimana diketahui, dalam rangka penyebaran calon induk ikan Mas Mustika, pada tahun 2016 BRPI telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian (c.q. Bidang Perikanan) Kabupaten Pasaman untuk melakukan pembesaran calon induk ikan mas tersebut. Pada saat itu, BRPI mengirimkan 5000 ekor calon induk ikan Mas Mustika berukuran sekitar 80 gram/ekor. Pada saat ini, calon induk tersebut sebagian besar sudah mencapai ukuran lebih dari 1,5 kg/ekor dan sudah siap untuk didistribusikan ke Unit-unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Pasaman.

     Selain mendistribusikan calon induk ke UPR, BBI Lundar juga mempunyai program untuk memproduksi calon induk kelas PS (parent stock = induk pokok) dari koleksi yang sekarang ada. Untuk itu diperlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus untuk perbanyakan calon induk ikan mas Mustika. Dalam kunjungan Kepala BBI Lundar kali ini juga dilakukan diskusi tentang SOP perbanyakan induk PS.

     Dalam kunjungan ini, Kepala BBI Lundar juga melakukan peninjauan lapang dengan mengunjungi hatchery komoditas ikan mas dan komoditas ikan nila. Di kedua hatchery ini Kepala BBI Lundar berkesempatan mengenal sistem, fasilitas dan tata kerja hatchery. Pada akhir kunjungan, Kepala BBI Lundar menyampaikan rencana Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman untuk mengembangkan ikan nila Srikandi. Kegiatan pengembangannya direncanakan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018.

Views All Time
Views All Time
572
Views Today
Views Today
1

Hits: 76

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *