Laboratorium Penguji Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) sudah terakreditasi sistem manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017. Guna terus menjamin mutu dan kompetensinya sebagai laboratorium penguji, Laboratorium BRPI diaudit secara periodik baik oleh pihak internal maupun eksternal.

Pada 19 November 2020, Komite Akreditasi Nasional (KAN) selaku instansi berkompeten melakukan surveillance terhadap Laboratorium BRPI. KAN kali ini menugaskan Asesor Prof. Dr. Rosmawaty  dan Tenaga Ahli Tanti Yulianti untuk melakukan surveillance.

Acara dibuka Dr. Joni Haryadi selaku Manajer Puncak Laboratorium. Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, Dr. Joni Haryadi  mengatakan bahwa kegiatan asesmen kali ini sedikit berbeda dengan asesmen sebelumnya karena berkaitan dengan situasi di masa pandemi Covid-19. Meski  kegiatan dilakukan secara daring, perlu kesiapan dari personalia dan manajer laboratorium dalam menjaga komunikasi agar kegiatan berjalan dengan lancar.

   

Prof. Dr. Rosmawaty menyampaikan tiga kategori yang akan dilakukan dalam surveillance yakni pertama tentang pengoperasian pengujian terkait media, personal dan lainya yang tidak dimiliki laboratorium, kedua tentang metode atau ketidaksesuaian dalam pengujian dan observasi akan melihat hal yang berpotensi menjadi ketidaksesuaian, dan yang ketiga terkait kelengkapan dokumen rekaman pada masing-masing laboratorium.

Kegiatan awal tim asesmen akan melakukan kunjungan secara mobile atau daring yakni melalui video conference ataupun video call melalui whatsapp, dilanjutkan dengan melihat laboratorium dan peralatan laboratorium didampingi oleh manajer laboratorium. Kemudian audit akan dilakukan pada bidang manajemen oleh Prof. Dr. Rosmawaty, sementara bidang teknis laboratorium oleh Tanti Yulianti. Beberapa hal yang ditanyakan oleh tim surveillance yakni lain organisasi, mekanisme proses pelayanan uji, data hasil jaminan mutu, serta proses peningkatan.

Dari hasil surveillance, KAN menyimpulkan bahwa laboratorium BRPI sudah konsisten menerapkan sistem manajemen SNI ISO/IEC 17025, dengan dokumentasi, rekaman teknis, manajemen kendali yang baik, namun masih ditemukan ketidaksesuaian yang bersifat kategori 1 dan observasi.

Mengakhiri kegiatan Kepala Balai sekaligus Manajer Puncak Laboratorium menutup kegiatan dan menyampaikan terima kasih atas lancarnya kegiatan surveillance ini. Kedepannya diharapkan Laboratorium BRPI semakin meningkat lebih baik lagi dalam mutu manajemen dan kepuasan masyarakat untuk layanan pengujian.

 

Views All Time
Views All Time
166
Views Today
Views Today
1

Hits: 21

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *