Senin 25  Februari 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) mengikuti ekshibisi “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa.” Kegiatan yang merupakan kolaborasi  Universitas Padjajaran (UNPAD), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  dan Pemerintah Provinsi  Jawa. Kegiatan yang dilaksanakan di Graha Sanusi Hardjadinati, UNPAD Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.  menampilkan pameran teknologi dan hasil produk perikanan yang berkelanjutan serta sharing session dari instasi dibawah KKP.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Ir. Nilanto Perbowo, M.Sc., secara resmi membuka “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa”,  mengajak seluruh milenial untuk bersama sama menjaga sumber daya laut khususnya kepiting dan lobster bertelur sesuai dengan Peraturan Mentri KP/2015 yang menyebutkan pelarangan penangkapan lobster dengan ukuran karapas di bawah 15 cm serta rajungan dengan ukuran karapas di bawah 10 cm.

Pada ekshibisi tersebut, KKP RI menampilkan sejumlah teknologi dan produk perikanan karya anak bangsa. BRPI sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah naungan BRSDM KP turut menampilkan hasil produk perikanan dari kegiatan riset pemuliaan ikan yakni ikan patin Perkasa (Patin Super Karya Anak Bangsa) yang telah dirilis dengan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 75/KEPMEN-KP/2018., sebagai ikan patin hasil perbaikan mutu dengan keunggulan tumbuh cepat.

Selain stan pameran, peserta juga mendapatkan sejumlah informasi mengenai isu-isu yang dikelola oleh KKP RI dan teknologi terbaru. Diantaranya tentang Ikan patin Perkasa yang disampaikan Ir. Evi Tahapari memberikan ikan patin Perkasa ini merupakan hasil dari kegiatan riset yang dilakukan selama 7 tahun terakhir oleh BRPI, dengan tujuan untuk memperbaiki mutu dari ikan patin  lokal yang dirasa sangat lama tumbuh dan lama pemeliharaanya sehingga perlu adanya pemuliaan ikan untuk mempercepat pemeliharan dalam kegitanan budidaya.

Ekshibisi “Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa” Harapannya peserta mengetahui apa saja ruang lingkup KKP RI dan bagaimana perkembangan dunia perikanan dan kelautan Indonesia. Kegiatan yang digelar hingga Selasa (26/2) dengan agenda Wicara (Talkshow) bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad serta sejumlah narasumber.

 

 

Views All Time
Views All Time
576
Views Today
Views Today
1

Hits: 50

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *