Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menjadi lokasi kegiatan pelatihan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kompetensi pembudidaya UPR Kab. Karawang. Pelatihan yang merupakan kerjasama antara Dinas Perikanan Kab. Karawang  dan BRPI ini diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari 20 pelaku Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang berasal dari 14 Kecamatan di Kab.Karawang, dan 10 orang Penyuluh Perikanan Bantu sebagai pendamping kegiatan.

Rika Fauziah, S.Pi. M.S.E, M.A selaku Kepala Seksi Pembenihan Dinas Perikanan Kab. Karawang dan juga koordinator pada kegiatan ini, dalam kata sambutannya mewakili Kepala Dinas yang belum berkenan hadir mengucapkan terima kasih serta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam membangkitan UPR di Kab. Karawang. Peserta yang ikut pelatihan merupakan pembenih ikan lele yang ingin lebih banyak belajar serta mendapatkan solusi saat ada masalah pada usaha yang dilakukan. “untuk itu kami berharap kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua”, tambah Rika Fauzia mengakhiri sambutannya. 

Kegiatan mulai tanggal 11-13 Desember 2019 ini, difokuskan pada kegiatan budidaya ikan lele khususnya aspek pembenihannya. Pemberian materi ikan lele Mutiara disampaikan langsung oleh Koordinator Penelitian Komoditas ikan Lele BRPI, Bambang Iswanto, S.Pi. MP. Selain berupa berupa teori, materi juga diberikan secara praktek, dimana peserta diajak langsung melakukan  pemijahan ikan lele secara buatan, mulai dari pemilihan induk penyuntikan, pemijahan, panen larva hingga pengepakan benih.

Sebagai tambahan, materi mengenai pakan buatan disampaikan oleh Ir. Evi Tahapari dan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) oleh Dr.Ir. Bambang Gunadi, M.Sc.

Setelah berlangsung selama 3 hari, kegiatan pelatihan ditutup oleh Plt. Kepala BRPI, Hary Krettiawan, S.Si, M.Si, dengan ditandai penyerahan sertifikat secara simbolik kepada peserta. Dalam sambutan penutupan, Plt. Kepala BRPI menyampaikan harapan semoga dari pelatihan yang telah terlaksana ini dapat memberikan ilmu yang dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan pada usahanya.

Views All Time
Views All Time
362
Views Today
Views Today
1

Hits: 69

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *