Pada tanggal 25 November 2018, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) bersama mitra melakukan kegiatan pelatihan Next Generation Sequencing MiSeq Illumina dari mitra kerjasama PT.Pandu Biosains. Pelatihan yang dilaksanakan di auditorium BRPI tersebut,  dihadiri Manajer Mutu Asep Sopian SPI, MSi,  Analis Laboratorium dan Peneliti BRPI .Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya BRPI untuk meningkatkan kemampuan analis dan peneliti dalam penggunaan alat laboratorim untuk mendukung kegiatan  riset pemulian ikan.

Dr. imron. SPi, MSi mengungkapkan  bahwa kegiatan pelatihan seperti ini perlu sering dilakukan untuk  memicu peneliti untuk  menggunan alat laboratorium dalam kegiatan peneletian yang dikerjakan. Sehingga alat yang telah kita miliki dapat dimaanfaatkan dengan maksimal.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium BRPI tersebut, diikuti sebanyak 20 peserta dari  lingkup BRPI dengan  4 orang dari TIM PT.Pandu Biosains pelatihan sebagai Trainer. Training MiSeq berlangsung selama 4 hari tersebut, diisi dengan rangkaian kegiatan pelatihan diantaranya  dihari pertama tentang penjelasan Ilumina Squencing dan MiSaq, dihari kedua tentang  Image Analysis and Basecalling Costemer resources, Sampel Prep Based on Costomer Needs, dihariketiga tentang MiSeq Run Monitor, Illumina Experiment Manager Demo and Exercises dan pada hari terakhir dilakukan kegiatan praktek langsung yang meliputi Run Setup dan  Star aPhiX Run kemu Evaluate Training Run and Post Run Wash, BaseSpace Core Apps Overview.

Diharapkan dari adanya pelatihan tesebut dapat memicu peneliti untuk membuat proposal–proposal penelitian yang memanfatkan NGS, terutama dalam mendukung recana BRSDM kedepanya terhadap BRPI yang menjadi Genebank (Pusat Data Gen)  .

Views All Time
Views All Time
607
Views Today
Views Today
1

Hits: 185

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *