Pada tanggal 14 Pebruari 2018 bertempat di kantor Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) Jakarta, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) dan I3L telah melakukan pembahasan pelaksanaan kerjasama tentang riset di bidang bioinformatika pemuliaan ikan. Pembahasan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani BRPI dan Yayasan Scientia Internasional Indonesia (yakni Lembaga yang menaungi i3L) pada tanggal 2 November 2017. Hadir dalam pertemuan ini Dr. Imron, S.Pi. M.Si sebagai Kepala BRPI, didampingi oleh Asep Sopian, SPi.,MSi., peneliti pelaksana, dan Fajar Anggraeni, SSt.Pi, Penanggungjawab Pelayanan Jasa Riset dan Perpustakaan, Seksi Pelayanan Teknis BRPI. Sedangkan pihak i3L diwakilii oleh Dr. Rer.Nat. Arli Aditya Parikesit sebagai Ketua Program Studi S1 Bioinformatika, didampingi oleh David Agusriawan, Ph.D dan Rizky Nurdiansyah, M.Si selaku dosen di bidang informatika di i3L.

Hasil pembahasan pelaksanaan kerjasama tersebut adalah kolaborasi pengolahan data bioinformatika terhadap hasil-hasil penelitian pemuliaan di BRPI, kolaborasi penyusunan proposal bersama untuk kegiatan penelitian yang akan datang dan penerimaan mahasiswa i3L untuk kegiatan magang atau penelitian di BRPI. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat diperoleh peningkatan kualitas penelitian dan kompetensi sumber daya manusia di bidang bioinformatika yang terlibat dalam penelitian pemuliaan ikan.

Sebagai lembaga yang memiliki fungsi pokok riset pemuliaan ikan, terutama riset pemuliaan ikan budidaya untuk menghasilkan ikan varietas unggul,  kegiatan di BRPI termasuk bidang bioteknologi yang banyak berkaitan dengan aspek biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa genetika secara terpadu. Dalam hal ini, BRPI memerlukan dukungan analisis bioinformatika untuk memperkaya hasil-hasil riset yang dilakukan. Sementara itu, I3L merupakan institusi yang didedikasikan untuk penyelenggaraan pendidikan dan penelitian berkualitas berskala internasional yang berfokus pada ilmu kehidupan (life sciences) dengan enam program studi sebagai pilar utama mereka yaitu biomedis, bioinformatika, bioentrepreneurship, bioteknologi, ilmu pangan, dan teknologi pangan.

Bioinformatika sendiri menerapkan metode-metode matematikastatistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh penerapan dalam kegiatan riset antara lain mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.

Kolaborasi riset bioinformatika pemuliaan ikan antara BRPI dan i3L diharapkan dapat memperkaya ikan varietas unggul hasil pemuliaan BRPI dengan informasi-informasi bioinformatika yang relevan.

Views All Time
Views All Time
938
Views Today
Views Today
1

Hits: 181

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *