Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pembudidaya Ikan di Kabupaten Tangerang dengan adanya kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Tujuan diadakannya kegiatan Bimbingan teknis tersebut dalam rangka penigkatan produktifitas Perikanan Budidaya serta diversifikasi pembenihan berbagai komoditas perikanan air tawar pada Balai Benih Ikan (BBI) Sukamulya Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16-18 Mei 2017 ini dihadiri oleh 23 peserta yang diantaranya berasal dari Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Lapas Kabupaten Tangerang, Penyuluh Perikanan dan Pembudidaya Ikan di Kabupaten Tangerang. Acara bimbingan teknis tersebut dibuka langsung oleh Hj. Tamimah, A.Pi selaku Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang dan Dr. Imron, S.Pi., M.Si selaku Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan.

Pada hari pertama pemaparan materi perihal budidaya Ikan Lele Mutiara yang dibawakan oleh Bambang Iswanto, S.Pi., M.Si. selaku Koordinator Komoditas Ikan Lele Mutiara cukup menarik perhatian sehingga tidak sedikit dari peserta menunjukkan penasaran dan ketertarikannya pada Ikan Lele Mutiara. Antusias peserta terlihat pada saat sesi diskusi dibuka untuk menanyakan berbagai macam pertanyaan perihal Ikan Lele Mutiara dari mulai pemijahan, jenis induk dan calon induk serta pemeliharaan. Selain Ikan Lele Mutiara, materi budidaya Ikan Patin dibawakan oleh Ir. Evi Tahapari selaku Peneliti Madya BRPI juga sangat menarik minat peserta untuk ingin praktik dilapangan perihal pemilihan induk dan teknik pemijahan. Selain Ikan Lele dan Patin yang dibawakan, materi-materi lain yang dinyatakan dapat membantu pembudidaya dan menarik minat peserta ialah materi budidaya Ikan Nila Srikandi yang dibawakan oleh Priadi Setyawan, S.Pi., M.Si selaku Koordinator Ikan Nila, Budidaya Ikan Gurame yang dibawakan oleh Drs. Sularto, Msi, selaku Koordinator Ikan Gurame dan Materi Manajemen Budidaya yang dibawakan oleh Aris Hidayat, S.STpi, M.P. selaku narasumber dari Balai Diklat Aparatur (BDA).

Kegiatan praktik dilapangan ikut melengkapi kegiatan Bimbingan Teknis tersebut yang diharapkan dengan kegiatan praktik ini dapat diterapkan dan dikembangkan oleh Dinas, BBI dan Masyarakat. Kegiatan lapangan atau praktik yang dilakukan antara lain Seleksi induk Ikan Lele dan Patin, Penyuntikan induk Ikan Patin dan Lele, Striping telur dan sperma induk ikan patin dan fertilisasi buatan ikan lele. Selama proses kegiatan berlangsung, peserta banyak berdiskusi dengan pemateri, peneliti dan teknisi perihal materi lapangan yang diberikan. Kegiatan bimbingan teknis yang diberikan ini juga dilengkapi dengan evaluasi dan post test peserta yang dilakukan pada hari terakhir kegiatan. Post test dilakukan untuk mengasah kemampuan peserta perihal materi di kelas dan lapangan yang didapatkan peserta dan menambah pengetahuan peserta. Dr. Imron, S.Pi., M.Si selaku Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan menyampaikan dalam sambutan penutupan, diharapkan dalam kegiatan lapangan dan pemberian materi di kelas dapat membawa dampak yang positif untuk Dinas dan pembudidaya sehingga dapat meningkatka aktivitas pembudidaya baik di Dinas dan Masyarakat. Kegiatan tersebut ditutup oleh Dwi Retno Susilaningsih, A.Pi. selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan pemberdayaan Pembudidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang yang dalam sambutannya menyatakan kepuasan dalam pelayanan, pemberian materi hingga praktikum yang dilakukan. Acara ini diakhiri dengan foto bersama beserta peserta dan Kepala BRPI Sukamandi.

Views All Time
Views All Time
2071
Views Today
Views Today
1

Hits: 1076

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *