Pada tanggal 16 November 2018, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI)  melakukan kunjungan ke Balai Pengembangan Instrumentasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kunjungan tersebut  merupakan tindak lanjut dari inisiasi BRPI sebelumnya. Kerjasama yang akan dilakukan yaitu berkaitan dengan Riset Penggunaan Teknologi Nanobubblee Aeratioin pada Budidaya Ikan untuk mendukung penelitian dalam pemuliaan Ikan.

Kunjungan yang diikuti oleh pihak BRPI di antaranya, Kepala BRPI Dr. Imron, SPi, MSi bersama Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Kerjasama Dr. Ir. Bambang Gunadi, MSc dan Tim. Sementara, dari pihak BPI-LIPI dihadiri oleh Kepala BPI-LIPI Dr. Anto Tri Sugiarto,  M. Eng, Kepala Seksi Ipin Suripin, M.T. Dalam kesempatan diskusi, membahas mengenai prinsip kerja dan pengaplikasian instrumen, dimana instrumen yang diberi nama  LIPI Ultrafine Bubble Generator (LUTOR).

Dr. Anto Tri Sugiarto,  M. Eng, mengatakan, “ Prinsip kerja  LUTOR ialah untuk menginjeksi gas (nitrogen, oksigen atau ozon) ke dalam cairan, dapat meningkatkan Dissolved Oxygen (DO) atau kadar oksigen dalam perairan sampai 8 ppm, Nanobubble Aeratioin menghasilkan gelembung dengan urukuran micro-nano meter. Dengan ukuran tersebut gelembung tidak akan mudah pecah sehingga dapat menjaga kadar oksigen dan tidak cepat turun drastis. Pengunaan Nanobubble Aeratioin juga dapat digunakan sebagai watertreatment untuk budidaya ikan serta dapat diaplikasikan  sektor lain”.

Hasil dari pertemuan tersebut, telah ditandatanganinya perjanjian kerjasama. Diharapkan dari kedua pihak, kerjasama yang dilakukan dapat  berjalan  dengan baik. Selanjutnya direncanakan BPI-LIPI akan datang ke BRPI untuk melihat lokasi secara langsung serta mensosialisasikan Nanobubbel Aeratioin kepada peneliti BRPI agar dapat dilakukan riset bersama dalam kegiatan penelitian pemuliaan ikan.

Views All Time
Views All Time
1038
Views Today
Views Today
2

Hits: 365

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *