19 September 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menerima kunjungan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Banyumas. Rombongan DKPP Kabupaten Banyumas berjumlah 5 orang dipimpin langsung oleh Kepala DKPP Kabupaten Banyumas  Ir. Sugiatno, MM. Turut hadir bersama Kepala DKPP, diantaranya Ir. Surya Dewi A M, M.Si (Sekretaris), Irma Sufitri N, S. Pi, ME (Kepala Bidang Perikanan), Basuki Setiyadi, A.Md (Kepala Subbagian Perencanaan) dan Nova Eko Prastyo, A.Md (Staf Bidang Perikanan). Rombongan DKPP Kabupaten Banyumas diterima di Auditorium BRPI oleh Plt Kepala BRPI, Hary Krettiawan, S.Si. M,Si didampingi oleh Pelaksana Harian Kepala dan Staf Seksi Pelayanan Teknis serta Peneliti Komoditas Ikan Gurami BRPI.

Dalam sambutan pembukanya, Kepala DKPP Kabupaten Banyumas menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan yakni dalam rangka untuk menjadikan Kabupaten Banyumas sebagai sentra ikan gurami. Kabupaten Banyumas memiliki cukup banyak pembudidaya ikan gurami sehingga memiliki potensi sebagai daerah penghasil ikan gurami. Usaha budidaya ikan gurami di Kabupaten Banyumas sudah dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun.

“Harapan kami  dengan adanya kerjasama dengan BRPI, kami dapat diberikan pendampingan untuk dapat menghasilkan ikan gurami yang bisa dibilang ikan gurami khas Kabupaten Banyumas’’ tambah Ir. Sugiatno, MM.

Mengawali kegiatan tersebut Hary Krettiawan memberikan pemaparan tentang kegiatan penelitian di BRPI sampai mendapatkan ikan unggul yang dapat  di-rilis oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Langkah awal yang dilakukan BRPI sebagai satu satunya Balai dalam kegiatan riset pemuliaan ikan yaitu domestikasi terhadap ikan gurami yang diambil dari daerah-daerah yang berpotensi ikan gurami, diantaranya dari populasi Tasikmalaya, Kalimantan, Jambi dan Majalengka. Selanjutnya dilakukan proses riset yang cukup panjang  dari tahun 2014. Dari koleksi induk unggul yang telah dimiliki BRPI dibentuklah ikan gurami Hibrida yang diharapkan dapat dirilis pada tahun 2019.

Sebagai langkah awal dalam penjajakan kerjasama ini, BRPI mendukung inisiasi kerjasama yang akan dilakukan sebagai upaya sinergi perencanaan dan pembangunan dalam rangka produksi benih ikan gurami Hibrida dan ikan gurami Seleksi F0. Kerjasama ini juga sebagai kegiatan riset seleksi ikan Gurami di BRPI melalui pengumpulan data keragaan benih ikan Gurami yang akan dipelihara oleh DKPP Kabupaten Banyumas.

Selanjutnya, rencana kerjasama atau sinergi perencanaan dan pembangunan ini akan ditindaklanjuti melalui pembahasan lebih rinci untuk kemudian diusulkan ke Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan Perikanan melalui Kepala Pusat Riset Perikanan. Diharapkan kerjasama atau sinergi ini dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi kedua pihak dan masyarakat Banyumas pada umumnya.

 

 

Views All Time
Views All Time
515
Views Today
Views Today
1

Hits: 154

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *