Pada tanggal 31 Mei 2018 Balai Riset Pemualian Ikan (BRPI) melakukan serah terima calon induk Ikan Lele Murtiara kepada Yayasan Nurani Dunia sebanyak 4 paket terdiri dari 20 ekor induk jantan dan 40 ekor induk betina. Penyerahan calon induk diserahkan langsung oleh Bambang Iswanto, S.Pi, M.P selaku Koordinator Komoditas Ikan Lele BRPI kepada  Ir. Mutia H. Prasodjo selaku Ketua Koordinator Yayasan Nurani Dunia untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta. Penyerahan calon induk ini merupakan tindak lanjut permohonan Yayasan Nurani Dunia dalam rangka meningkatkan layanan pelatihan di Kampung Ilmu Purwakarta. BRPI menyambut baik program Yayasan Nurani Dunia ini dan siap mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan ini dalam memberikanan pelatihan untuk meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Yayasan Nurani Dunia sendiri merupakan sebuah lembaga sosial non partisan bermula dari sebuah kepedulian para dosen dan wartawan yang melakukan peliputan kemanusiaan di  Pulau Buton saat terjadi konflik di Maluku. dimana sejumlah akademisi dan wartawan bertekad menggalang kesadaran tentang perdamaian dan kemanusiaan. Yayasan yang diketuai oleh Imam B. Prasodjo, soiolog dari UI, ini menggalang upaya-upaya bantuan kemanusiaan yang dilakukan dengan cara kreatif, jujur dan bertanggungjawab untuk membantu korban bencana alam maupun bencana sosial. Pemberian bantuan didasarkan pada prinsip kejujuran, adil, bertanggungjawab, non-partisan dan profesional.

Yayasan Nurani Dunia sudah mulai bergerak di Purwakarta sejak tahun 2002. Kegiatan Yayasan  ini meliputi bidang Pendidikan dengan membangun beberapa sekolah SD, SMP dan SMK; bidang Kesehatan Masyarakat dengan membangun fasilitas lapangan sepak bola dan bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan mengembangkan pertanian organik, peternakan puyuh, petenakan kambing, budidaya cacing sutera, serta pemijahan Ikan Lele dan Nila.

Bantuan calon induk unggul Lele Mutiara diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Yayasan Nurani Dunia dalam memenuhi fasilitas pelatihan bagi masyarakat binaannya untuk dapat mengembangkan kemampuan terutama dalam bidang usaha budidaya ikan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Views All Time
Views All Time
856
Views Today
Views Today
2

Hits: 123

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *