Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) mengadakan kegiatan Penyerahan Hasil Riset Pemuliaan Ikan BRPI pada tanggal 16 Mei 2017.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan keinginan masyarakat pembudidaya dan Dinas yang ingin mengembangkan produk hasil pemuliaan BRPI, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan. Selain mendukung adanya keinginan masyarakat, penyerahan calon induk ikan unggul ini juga sangat mendukung Program Penggunaan Induk Unggul (GAUL) yang dicanangkan oleh Ditjen Perikanan Budidaya. Produk hasil pemuliaan BRPI yang diserahkan kepada masyarakat antara lain Ikan Lele Mutiara, Ikan Nila Srikandi, Ikan Mas Mustika, dan Udang Galah Gi Macro II.

Dr. Maman Herawan, M.Sc selaku Sekretaris Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan (BRSDM KP), Dr. Ir. Toni Ruchimat selaku Kepala Pusat Riset Perikanan dan Dr. Imron, S.Pi., M.Si selaku Kepala Balai Riset Perikanan membuka secara resmi acara penyerahan bantuan calon induk ikan hasil pemuliaan BRPI tersebut. Acara ini dihadiri oleh 12 lembaga dari 15 lembaga yang mendapatkan bantuan/hibah. Lembaga-lembaga yang mendapatkan hibah diantaranya adalah Sekolah Tinggi Perikanan Bogor (10 Paket), Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan, dan Pertanian Kota Cirebon (30 Paket), Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Purbalingga (72 Paket), Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi (50 Paket), Dinas Perikanan Kabupaten Brebes (25 paket), Dinas Perikanan Kabupaten Subang (200 ekor), Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Tegal (130 Paket), Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang (20 paket), Instalasi Budidaya Air Tawar Mojokerto (30 paket), Dinas Perikanan Kab. Kediri/BBI Pare (20 Paket), Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya Cangkringan (30 Paket), dan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung (78 Paket).

Rangkaian acara yang dilakukan dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah penandatangan BAST, SKA, dan penyerahan hibah secara simbolis oleh Dr. Maman Herawan, M.Sc selaku Sekretaris Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan (BRSDM KP), Dr. Ir. Toni Ruchimat selaku Kepala Pusat Riset Perikanan dan Dr. Imron, S.Pi., M.Si selaku Kepala Balai Riset Perikanan. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka BRPI berhasil menambah jumlah total distribusi yang dilakukan dari tahun 2015-2017. Hingga saat ini total distribusi Ikan Lele Mutiara adalah 5.872 Paket (88.080 ekor), Ikan Mas Mustika sebanyak 5.900 ekor, Ikan Nila Srikandi 22.200 ekor, dan Udang Galah Gi Macro II sebanyak 44.300 ekor. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan dengan penggunaan induk ikan unggul yang dapat meningkatkan produktivitas pendapatan dan keuntungan pembudidaya ikan.

Views All Time
Views All Time
1197
Views Today
Views Today
1

Hits: 122

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *