Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) turut mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang bertemakan Sinau bareng SLiMS, kerjasama Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  dengan Senayan Developer Community (SDC) Jakarta pada tanggal 26 Mei 2018. Pertemuan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Gedung Mina Bahari I KKP ini merupakan kegiatan pelatihan yang diikuti oleh peserta dari dalam lingkup KKP termasuk BRPI dan peserta umum. Sebanyak 47 peserta yang ikut berpartisipasi terdiri dari mahasiswa dan pustakawan ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan di lingkup KKP dalam menggunakan  Sistem Informasi SLiMS.

Pembukaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan disampaikan oleh  Budi Ichsan Nasution, S.P, M.Si selaku Kepala Subbagian Hubungan Lembaga, Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri, Setjen KKP. Dalam kata sambutannya, Budi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah KKP  untuk mengembangkan perpustakaan yang memiliki aplikasi dengan kemampuan serta fitur yang telah di-upgrade sehingga memberikan  kemudahan untuk dapat diakses  secara online.

Sosialisasi dan pelatihan ini merupakan program kerjasama KKP dan Slimis Jakarta. Pada kesempatan ini Slimis Jakarta memberikan materi  tentang SLiMS yang merupakan sistem manajemen perpustakaan yang untuk pertamakalinya digunakan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengembangan Senayan selanjutnya dilakukan oleh SDC dengan terus mengikuti perkembangan dalam bidang informasi dan teknologi. KKP sendiri telah mengadopsi Senayan  dengan tujuan untuk dapat membangun perpustakaan yang dapat diakses kapan pun, oleh siapa pun, dan dari mana pun secara online.

Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan seluruh Perpustakaan pada Satker lingkup KKP  yang memiliki koleksi buku, jurnal dan literatur dapat diintegrasikan melalui satu akses satudata sehingga dapat menjadi perpustakaan terlengkap khususnya pada bidang kelautan dan perikanan serta dapat diakses secara mudah melalui media elektronik berbasis online.

Views All Time
Views All Time
791
Views Today
Views Today
2

Hits: 75

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *