Sebagai tindak lanjut dari arahan Kepala BRSDM tersebut, pada tanggal 26 Februali 2020, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) melakukan rapat koordinasi pengelolaan sumber daya genetik ikan. Rapat yang yang diselenggarakan di Pusat Riset Perikanan Jakarta tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Pusat Riset Perikanan, Dr. Bambang Suprapto, A.Pi, M.Si, M.T, Kepala BRPI, Dr. Joni Haryadi,  serta para peneliti yakni Dr. Imron, Yogi Himawan, S.Pi, M.Si, Prof. Rudhy Gustiano, Dr. Enny Kusrini, Dr. Andi Parenrengi dan lainnya. Acara pertemuan dibuka oleh Plt. Kepala Pusat Riset Perikanan, Drs. Riyanto Basuki.M.Si, yang menyampaikan bahwa Indonesia dengan kekayaan SDI yang sangat banyak perlu mengelola dan melestarikan agar tetap lestari. Diharapkan Bank Genetik dapat memiliki tempat penyimpanan fisik (material/Sel/Telur).

      Dalam kesempatan yang sama Dr. Imron memaparkan tentang kegiatan yang telah berjalan. Kegiatan sudah dilakukan dari tahun 2018, dan saat ini BRPI Sukamandi sudah melakukan koleksi sebanyak 18 populasi ikan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.. Sebenarna, kegiatan Genebank baik secara daring (online), maupun secara riil sudah berjalan pada UPT yang melaksanakan domestikasi. Sebagian koleksi biota hidup dan mati sudah dilakukan inventarisasi datanya, serta penyimpanan dilakukan pada UPT lingkup Pusriskan.

Sebagai inisiasi awal penguatan akan dilakukan di lingkup BRSDM sebelum launching untuk khalayak luas, termasuk Perguruan Tinggi. Perkembangan saat ini aplikasi sebagai penyimpanan database Genebank sedang disiapkan, dengan harapan kombinasi penyimpanan fisik dan data informasi dapat mengintegrasikan semua data yang tersimpan di masing masing satker Genebank yang akan dibangun adalah material dan pusat data. Koleksi material hidup sudah diinisiasi dan dilakukan beberapa UPT BRSDM. Koleksi plasma nutfah ikan Indonesia di UPT lingkup BRSDM sampai saat ini terdiri dari 647 koleksi, dengan proporsi koleksi hidup sebanyak 7% dan koleksi awetan mencapai 93%, jelas Dr. Imron

Banyaknya saran saat diskusi dari para ahli menunjukkan antusiasme dan semangat untuk segera mewujudkan Bank Gen Ikan Indonesia. Perlu dilakukan tindak lanjut dalam bentuk penyusunan roadmap kegiatan dan pembangunan infrastruktur, tambah Dr. Bambang Suprapto. Beliau juga menghimbau kepada semua UPT dalam mendukung rencana ini.

Views All Time
Views All Time
310
Views Today
Views Today
1

Hits: 34

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *