10 Desember 2019, Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) menggelar seminar teknisi litkayasa internal 2019. sebanyak 9 Orang litkayasa mengikuti  kegiatan seminar sebagai presenter. Kegiatan seminar ini juga dihadiri oleh Plt. Kepala BRPI Hary Krettiawan,S.Si, M.Si, Peneliti dan pegawai BRPI sebagai audien.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala BRPI Hary Krettiawan,S.Si, M.Si membuka acara dengan kata sambutan yang menyampaikan bahwa dalam kegiatan seminar teknisi litkayasa ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam menyampaikan hasil penelitian dan penulisan makalah ilmiah. 

Kegiatan seminar dilakukan secara paralel dan 2 sesi diskusi,  dengan pemaparan dari presenter diantaranya Ali Akbar dengan judul Distribusi  Ukuran Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii ) Hasil Pembesaran Dengan Kepadatan Berbeda , Deni Safitri. A.Md, (Deteksi gen Hemolisin pada aeromonas hydrophila menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di laboratorium penguji BRPI Sukamandi),  Diah Artati, A.Md (Identifikasi bakteri Aeromonas hydrophila menggunakan Kit API 20E di laboratorium mikrobiologi BRPI Sukamandi), Deni Puji Utami(Penentuan batas deteksi metode, batas deteksi dan batas kuantisasi pengujian kesadahan secara titrimetri menggunakan alat titrasi konvensional), Dede Sukarta (Pertumbuhan, kelangsungan hidup dan keseragaman larva udang galah populasi tumbuh cepat dan matang gonad lambat generasi keempat pada fase pembenihan), Pudji Suwargono (Karakteristik reproduksi ikan lele Afrika Clarias gariepinus strain Paiton yang Albino), Supriyanto (Evaluasi kelangsungan hidup dan pertumbuhan pada pembesaran ikan gabus (Channa striata) Strain Jawa Barat) , Arsad Tirta Subangkit(Peningkatan performa reproduksi induk betina ikan patin Siam Pangasionodon hypopthalmus di musim kemarau menggunakan hormon Pregnant Mare Serum Gonadotrophin (PMSG)), Listiyo Dhamawantho (Toleransi ikan mas (Cyprinus carpio) hibrida kandidat rilis pada lingkungan pH berbeda).Pembahasan yang disamapaikan merupakan hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan dalam kegiatan penelitian bersama kelompok penelitian komoditas dan bagian laboratorium pengujian BRPI. Kegiatan seminar litkayasa berjalan dengan baik dengan adanya koreksian dari Tim Evaluator yang memberikan saran-saran serta bimbingan pada presentasi dan penulisan makalah ilmiah agar mendapat hasil yang lebih baik dan dapat bermanfaat.

Pada akhir kegiatan seminar  Plt. Kepala BRPI memberikan penghargaan kepada presenter terbaik dalam penampilan dan penulisan makalah. Mudah mudahan BRPI bisa maju karena didukung yang sangat bagus dari tenaga teknis litkayasa, diharapkan hal tersebut dapat membangkitkan semangat dan dapat menularkan kepada tenaga litkayasa lainya. Tambah Hary Krettiawan pada akhir kegiatan. 

Views All Time
Views All Time
299
Views Today
Views Today
1

Hits: 31

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *