Pada tanggal 16 Januari 2020, Balai Riset Pemuliaan Ikan, melakukan pertemuan Sukamandi diskusi dalam rangka pembangunan Gene Bank ikan Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Unit Pelaksana Teknis dari lingkup Badan Riset Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) diantaranya  Nurhidayat, S.Pi,M.Si (Kepala BRPBATPP Bogor), peneliti BRBIH, peneliti BRPL, peneliti BRPI dan perwakilan Penyuluh Perikanan dari Pemerintahan Kabupaten Subang.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala BRPI Dr. Joni Haryadi D,M.Sc yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menghimpun masukan-masukan dari para peneliti dalam rangka persiapan pembangunan Gene Bank Ikan Indonesia sesuai arahan dari Kepala BRSDMKP Prof Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA,untuk membangun BankGen Ikan Indonesia dengan tujuan mengoleksi spesies ikan asli indonesia.

Mengawali kegiatan diskusi  Dr. Imron, S.Pi,M.Si (Koordinator Penelitian Plasma Nutfah) memaparkan mengenai inisiasi Pengembangan Pusat Data Genetik Spesies Akuatik dengan fokus pada ikan-ikan asli Indonesia dengan Storage life collection dengan pengelolaan data terintegrasi. Terkait geografis dan biolgi ikan tidak bisa memaksakan untuk centralistik , sehingga perlu berbagi peran dan berkolaberasi. Kami berharap membangun atau melengkapi yang lebih penting mengintegrasikan pengelolaan dan informasi,  jenis ikan dan jumlah.

Diskusi berjalan dengan baik, karena masing-masing perwakilan UPT banyak memberikan masukan-masukan. Kegiatan pembangunan Gene Bank ini akan diselaraskan dengan pertemuan silahturahmi yang akan menghadirkan peneliti genetik Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Fish Genetik Networking (IFGEN) direncanakan kegiatan berlangsung pada tanggal 26 Januari 2020.

 

 

Views All Time
Views All Time
409
Views Today
Views Today
1

Hits: 90

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *