Selasa 23 April 2019, Dalam rangka mewujudkan kinerja serta pelayanan yang baik, Balai Riset Pemuliaan Ikan  (BRPI) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Audit Internal Terintegrasi dan Pelaksanaan Tinjauan Manajemen ISO 9001.  Kegiatan yang laksanakan diauditorium BRPI tersebut dihadiri oleh sebagian pegawai diantanya pejabat struktural dan peneliti serta konsultan pendamping manajemen ISO Ricky Firdaus.

Plt. Kepala BRPI Hary Krettiawan menyampaikan umtuk dapat mengintegraskan manajemen ISO 9001 perlu adanya pengkajian dalam dan dalam hal ini Semua Manajemen Mutu harus ada rekamannya, dokumennya, SOPnya audit internal. Audit Internal Terintegrasi yang dilakukan sebagai salah satu langka dalam  mengefisiasikan waktu audit internal.

Berkaitan hal tersebut BRPI telah mengadopsi 3 Manajemen Mutu diantaranya Sistem Mutu ISO 9001, Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) dan Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). Namun untuk dapat mengaudit Internal pada setiap sistem manajenya memerlukan waktu yang tidak sedikit sehingga hal tersebut dapa mengganggu dalam pelayanan BRPI. Audit internal biasa dilakukan berulang dalam 1 tahun, yang dirasa sangat tidak efisien dikarnakan diantara dokumen tersebut, masih memiliki keterkati dalam lingkup kegiatan yang sama. Karna hal tersebut BRPI melakukan pengkajian dalam pelaksanaan audit internal dengan melakukan integrasi sistem mutu yang nantunya akan mengacu dalam satu Manajemen yang dapat menacakup semuanya

Ricky menyampaikan bahwa manajemen dapat saling berkaitan dan audit internal dapat dilakukan secara terintegrasi dengan membuat kriteria formnya yang sama sehingga cukup 1 form saja yang digunakan dan apabila kriterianya berbeda harus dipisah karena CKIB dan KNAPPP ada di dalam Sistem Manajemen ISO 9001.

Tentunya dengan memiliki manajemen yang baik serta terlaksana sepenuhnya  disebuah instansi pemerintahan merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Tentunya hal ini menjadi suatu tantangan BRPI dalam membuat skema yang akurat dalam memanajemen yang dapat mencakup semua aspek dalam sistem yang terintegrasi. Diharapkan dengan upaya tersebut dapat memberikan dampak yang positif dan kemudahan dalam mengaudit serta dapat berjalan dengan baik.

 

 

Views All Time
Views All Time
427
Views Today
Views Today
1

Hits: 42

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *