Pada tanggal 6-7 September 2018, Kegiatan Sosialisasi Bimbingan Teknis Sistem Repositori Ilmiah Nasional (RIN) oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Peserta dari beberapa UPT diantara nya Balai Diklat Aparatur (BDA), Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (B3PTTG LIPI), Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI) Jatiluhur, Balai Riset Ikan Hias Depok, Balai Riset Perikanan Budidaya  Air Tawar dan Penyuluh Perikanan Bogor, Pusat Riset Perikanan Jakarta, Balai Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Produk dan Perikanan, Balai Riset Perikanan Laut, Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut mengundang PDII LIPI diantaranya Ir.Sri Hartinah, M.Si, Slamet Rianto, S.Kom, Hendro Subagyo, M.Eng dan Hermin Triasih, S.T.P.

Pada kata sambutan Dr. Imron, S.Pi, M.Si menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu Peneliti dan Peserta  dan memberikan kesempatan untuk kita selangkah lebih maju dalam memperkenalkan hasil penelitian dan berperan secara Internasional. Dalam kegiatan disampaikan dua materi yaitu sistem RIN dan Aquatic Science And Fisheries Abstract (ASFA) dimana materi tersebut saling berkaitan, dimana RIN merupakan sitem yang bertujuan sebagai media menyimpan dan melestarikan data primer dan Karya Ilmiah Nasional untuk kepentingan masyarakat, menjamin ketersediaan, akses, dan mendorong peningkatan pemanfaatan Karya Ilmiah bagi masyarakat dan pemilik dalam jangka panjang.

      Ir. Sri Hartinah menjelaskan bahwa pada hal tersebut LIPI telah bekerjasama dengan FAO – ASFA untuk sistem  informasi internasional terkait dengan informasi sains, teknologi dan manajemen lingkungan perairan laut, payau, dan air tawar serta organismenya, termasuk perikanan budidaya air, biologi, bioteknologi, oseanografi, polusi dan aspek sosial ekonomi dan hukum. LIPI juga telah memperoleh hak free akses ke ProQuest. PDII-LIPI juga berkontribusi dengan melakukan input data publikasi bidang kelautan dan perikanan ke database ASFA  ProQuest dimana publikasi bidang kelautan dan perikanan dari Indonesia dapat diakses global oleh pengguna melalui ProQuest. ASFA yang basis data bibliografi, abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan basis data teks lengkap  karya peneliti Indonesia bidang perikanan dan kelautan.

Pada akhir acara peserta diberikan sertifikat telah mengikuti pelatihan sosialisai bimbingan teknis RIN yang dikeluarkan oleh LIPI. Kegiatan tersebut diharapkan akan dirasakan serta dapat memberikan manfaat bagi pengguna maupun masyarakat untuk jangka waktu yang panjang.

Views All Time
Views All Time
678
Views Today
Views Today
1

Hits: 61

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *