Pada hari Senin, 20 Pebruari 2017 di Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) telah dilangsungkan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tata Naskah Persuratan dan Pengarsipan serta Sosialisasi Jabatan Fungsional Arsiparis kepada pegawai BPPI. Pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala BPPI, Dr. Imron, SPi., MSi., ini diikuti oleh para Pejabat Eselon IV, Penanggungjawab Kegiatan/Urusan, Ketua Kelompok Penelitian Pemuliaan Komoditas serta beberapa peneliti dan pegawai yang berminat. Hadir juga dalam kesempatan ini pelaksana persuratan di Sekretariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP.  Materi Sosialisasi disampaikan oleh Onny Wicaksono dan Samsudin dari Biro Umum Sekretariat  Jendral KKP dan Bachtiar, Fransisco S Ndori dan Ifik Fabiyanto dari Sekretariat Badan Penelitian dan pengembangan Kelautan dan Perikanan.

Dalam paparannya, Bachtiar dan tim mengatakan bahwa tata naskah adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. Beberapa hal penting yang disampaikan dalam Sosialisasi antara lain pedoman umum tata naskah dinas di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 45/PERMEN-KP/2016 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang merupakan penyempurnaan dari PermenKP nomor 52/ PERMEN-KP/2014. Pedoman Umum Tata Naskah Dinas di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini merupakan pedoman dan acuan bagi seluruh unit kerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pelayanan publik. Sasaran penerapan Peraturan Menteri tersebut adalah untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan publik di bidang kelautan dan perikanan, serta menciptakan kelancaran komunikasi kedinasan yang efektif dan efisien

Sebelumnya, dalam sambutannya Kepala Balai Penelitian Pemuliaan Ikan menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk BPPI dalam rangka tertib administrasi tata naskah dinas persuratan dan pengarsipan.

 

Views All Time
Views All Time
820
Views Today
Views Today
1

Hits: 149

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *