Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) kembali menjadi rujukan untuk studi banding dalam rangka peningkatan wawasan perikanan. Pada hari Senin, 17 April 2017 Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan kunjungan kerja untuk studi banding dan konsultasi mengenai program pemuliaan ikan. Rombongan dipimpin langsung oleh oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Ir. Tatang Suhartono, M.Si, Kepala Bidang Budidaya, Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan, Sarana dan Prasarana Budidaya Ikan, Kepala UPTD Balai Benih Ikan Jepun serta beberapa staf dan Guru SMK Perikanan diterima langsung oleh Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) , Dr. Imron, S.Pi., M.Si., Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Koordinator Penelitian Komoditas Ikan Lele, Koordinator Ikan Nila dan beberapa staf.

Dalam sambutan pengantarnya, Ir. Tatang Suhartono, M.Si menyatakan tujuan datang berkunjung ke BRPI adalah untuk menawarkan dan menjajaki kolaborasi pengembangan breeding program ikan lele, ikan nila serta  ikan air tawar yang lainnya dengan BRPI Sukamandi. Kunjungan ini disambut positif oleh Dr. Imron, S.Pi., M.Si. Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan kunjungan lapang ke hatchery ikan lele dan nila yang didampingi langsung oleh Koordinator dari masing-masing komoditas. Dari hasil kunjungan ke lapangan pihak Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung tertarik untuk mengadopsi sitem budidaya yang dilakukan di BRPI dari mulai tata letak hatchery dan perkolaman, proses pembenihan, pendederan hingga pembesaran ikan lele dan nila.

Bersamaan dengan kunjungan ke hatchery, salah satu staf Dinas Perikanaan dan Guru SMK Perikanan melakukan kunjungan ke Laboratorium yang terdapat di Balai Riset Pemuliaan Ikan. Pada akhir kunjungan, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menyatakan harapannya untuk bisa bekerjasama dengan Balai Riset Pemuliaan Ikan agar dapat mengembangkan kegiatan breeding program terutama untuk ikan-ikan lokal di Kabupaten Tulungagung.

Views All Time
Views All Time
1613
Views Today
Views Today
1

Hits: 323

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *