Dalam rangka pembinaan Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) sebagi Pusat Unggulan Iptek (PUI), Sekretariat Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengirimkan Tim Supervisi ke BRPI pada tanggal 9 Juni 2017. Tim terdiri dari Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc., dari Dewan Riset Nasional, Ir. Thomas Darmawan dari Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia serta Aswin Firmansyah, ST., ME., dan staf dari Sekretariat PUI Kemenristekdikti. Selain melakukan supervisi, Tim ini juga monitoring kegiatan BRPI sebagai kandidat Pusat Unggulan Iptek (PUI) kurun kegiatan Semester I tahun 2017.

Dalam sambutan pengantarnya, Aswin Firmansyah menyampaikan bahwa monitoring yang dilakukan kali ini akan sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu karena tahun ini Tim Supervisi akan memberikan masukan dan arahan pada bahan-bahan yang sudah diunggah ke website PUI. Jadi pertemuan ini akan menjadi lebih efektif karena akan banyak masukan dan arahan terhadap permasalahan yang disampaikan oleh BRPI.
Beberapa fokus diskusi dalam kegiatan supervisi dan monitoring ini antara lain rasio Sumber Daya Manusia (SDM), kerjasama riset dan non riset serta pemanfaatan sarana dan prasarana. Dalam hal rasio SDM riset, BRPI telah memiliki SDM yang cukup baik tetapi masih membutuhkan peningkatan dalam jumlah pendidikan S2 dan S3. Selain itu, SDM BRPI masih perlu ditingkatkan kompetensinya melalui pelatihan jangka pendek atau pendidikan jangka panjang.

Dalam hal Perjanjian Kerja Sama ditemukan beberapa naskah yang masih perlu koreksi dan perbaikan. Jumlah kerjasama juga perlu ditingkatkan lagi. BRPI sendiri saat ini sedang berusaha mengembangkan untuk menjajaki bidang kerjasama riset internasional. Sementara itu, dalam hal pengelolaan dan penggunaan alat dan fasilitas lain, BRPI sudah cukup baik.

Pada akhir pertemuan, Tim Supervisi juga banyak memberikan arahan dalam pengisian data di website PUI sebagai data dukung monitoring dan supervisi. Tim Supervisi berharap BRPI sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek pemuliaan ikan yang sedang di binaan dapat terus mengembangkan riset-riset pemuliaan terhadap jenis-jenis ikan yang baru.

Views All Time
Views All Time
746
Views Today
Views Today
1

Hits: 41

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *