Pada tanggal 5 Juli 2018 persolania Laboratorium Lingkungan Balai Riset Pemuliaan Ikanyang terdiri dari   Manajer Teknis Rita Febrianti, S.Si), Penyelia (Dina Sri Wardhani, S.Si), dan analis (Ina Nurdayanti A.Md) melakukan verifikasi metode yang merupakan proses pengujian karakter kinerja metode analisis melalui serangkaian kegiatan pada pengujian bahan yang terkandung di dalam air seperti pengujian nitrit, amonia serta zat kimia lainya. Laboratorium Lingkungan yang dimiliki BRPI sendiri terus melakukan peningkatan standardisasi dan kompetensi dalam melakukan pengujian. Verifikasi dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa metode yang digunakan dan personil yang melakukan pengujian dengan metode tersebut mempunyai kompetensi sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Pada kesempatan tersebut, personil Laboratorium Lingkungan melakukan verifikasi metode SNI 06-6989.30.2005 yakni penetapan N-NH3 (amonia) dan metode SNI 06-6989.9.2004 yakni penetapan N-NO2 (nitrit) secara Spektrofotometri dengan menggunakan Spektrofotometer Hitachi UH-5300. Kegiatan verifikasi metode ini dilakukan karena perlu adanya acuan sebagai standar Operasiona prosedur dalam melakukan kegiatan pengujian di Laboratorium Lingkungan dan metode yang dijadikan acuan oleh personalia Laboratorium.

Kemampuan  Spektrofotometer Hitachi UH 5300 dapat memuat Cuvette holder sebanyak 5 pengukuran dalam sekali  kerja alat untuk sampel. Alat ini juga mampu menyimpan data hasil pengujian dengan komputerisasi. Dengan demikian, alat ini sangat efisien dalam kebutuhan waktu pengujian dan efektif dalam pembacaan sampel dan penyimpanan hasilnya.

Dari kegiatan verifikasi yang dilakukan, memperoleh hasil yang baik. Kegiatan verifikasi yang mencakup pengujian linearitas, akurasi, presisi yang meliputi repitabilitas dan reprodusibilitas, dan limit deteksi menunjukkan hasil yang masuk ke dalam toleransi syarat keberterimaan. Syarat keberterimaan adalah rentang nilai yang masih diperbolehkan yang harus dicapai dan diikuti oleh laboratorium pengujian terkait nilai yang terukur. Dari hasil yang terukur oleh laboratorium BRPI, kedua metode tersebut dapat digunakan dalam analisis rutin di laboratorium lingkungan – laboratorium pengujian BRPI.

 

Views All Time
Views All Time
1606
Views Today
Views Today
1

Hits: 897

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *