Dalam rangka mengevaluasi pilot-project kegiatan pemuliaan ikan air tawar pada kerangka Program Fisheries and Aquaculture for Food Security in Indonesia (FAFI) telah dilakukan workshop yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 7 sampai dengan 9 Pebruari 2018 di Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Imron, S.Pi, M.Si selaku  Kepala BRPI Sukamandi bersama Ir. Supriyadi, M.Si., Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.  Pada kesempatan ini hadir narasumber FAFI yaitu Mr. Kasper Jannsen, M.Sc dari Wageningen University, Belanda.  Peserta terdiri dari para peneliti BRPI Sukamandi, yang mewakili kelompok penelitian komoditas, yakni Komoditas Ikan Lele, Komoditas Ikan Gurami, Komoditas Ikan Mas, Komoditas Udang Galah, Komoditas Ikan Nila dan Komoditas Ikan Gabus.

Workshop ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan riset pemuliaan yang dilaksanakan di masing-masing Kelompok Komoditas di BRPI. Kegiatan riset pemuliaan ikan lele bertujuan untuk menghasilkan varitas unggul ikan lele dengan performa pertumbuhan dan sintasan yang tinggi. Kegiatan riset pemuliaan ikan gurami bertujuan untuk menghasilkan benih dan induk ikan gurami yang tumbuh cepat, sedangkan riset pemuliaan udang galah bertujuan untuk menghasilkan udang galah yang tumbuh cepat dan matang lambat. Riset pemuliaan ikan nila bertujuan untuk menghasilkan ikan nila merah yang tumbuh cepat dan daging tebal,


Kegiatan riset untuk 3 komoditas lainnya saat ini masih dalam tahap awal riset pemuliaan.  Kegiatan riset pemuliaan ikan mas masih dalam tahap analisis variasi genetik populasi pembentuk ikan mas tahan cekaman lingkungan, sedangkan riset pemuliaan ikan gabus masih dalam tahap koleksi plasma nutfah ikan gabus dari berbagai daerah untuk menghasilkan ikan gabus dengan kandungan albumin lebih tinggi. Sementara itu, riset pemuliaan ikan patin sedang merancang program seleksi selanjutnya setelah mendapatkan patin Perkasa.

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi pilot-project kegiatan FAFI ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menilai dan mengukur sejauh mana hasil-hasil penelitian pemuliaan ikan dilaksanakaan di BRPI sebagai tindak lanjut dari Training Breeding Management and Genetic Analysis yang dilaksanakan sebelumnya pada tanggal tanggal 6-9 September 2016 di BRPI. Program FAFI sendiri merupakan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda.  Kerjasama ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM Kelautan dan Perikanan, mendukung ketersediaan (accesbility) ikan dan produk perikanan bagi pasar domestik indonesia.

 

Views All Time
Views All Time
777
Views Today
Views Today
1

Hits: 86

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *