Pada tanggal 30 April – 4 Mei 2018 Kegiatan Workshop yang merupakan bagian dari projek Fisherie and Aquaculture for Food Security in Indonesia (FAFI) yang diselenggarakan di Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI), Sukamandi.  Workshop yang bertemakan Estimation of Genetic Parameters and Breeding Values. Adanya kegiatan workshop ini untuk memberikan pelatihan tentang cara mengestimasi nilai parameter genetik dan nilai pemuliaan dengan menggunakan Softwere Rstudio dan Asreml.

Kegiatan workshop dibuka dengan sambuta selamat datang kepada narasumber dan peserta yang mengikuti workshop oleh Dr. Imron, S.Pi. M.Si selaku Kepala BRPI. Dalam kata sambutan beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegitan lajutan riset dari tahun 2016 yang terus berlangsung hingga sekarang, dan kali ini akan belajar mengestimasi parameter genetik sampai dapat menetukan individu mana yang baik dijadikan induk dengan dasar-dasar genetik dalam mengalisis data dan beliau juga menghimbau pada kesempatan ini kita dapat sama-sama mengexplore materi yang diberikan oleh narasumber”.

Kegiatan workshop yang diikuti peseta sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang UPT lingkup Pusat Riset Perikanan (BRSDMKP) dan 10 orang UPT lingkup Direktorat Jendral Budidaya. Diantaranya dari Bambang Iswanto, S.Pi. MP, Drs. Sularto, M.Si, Adam Robbisalmi, S.Pi, Didik Ariyanto, S.Pi, M.Si, Asep Sopian, S.Pi, M.Si, Rommy Suprapto, S.Pi, M.Si MH, Fajar Anggraeni, S.St.Pi (BRPI Sukamandi), Ahmad Muzakki, M.Sc (BBRBLPP, Gondol), Faridudin Aththar, M.Si (BRPBATPP, Bogor), Dr. Media Fitri dan Isma Nugraha, M.Si (BPPBIH, Depok), Herlinah S.Pi, MP (BPPBAP, Maros ), Ulfah Fayumi, S.Pi (Puriskan, Jakarta), Ade Sunarma (BBPBAT Sukabumi), Firdausi, Eko Nugroho (BPBAT Mandiangin) Akhmad Romadlon dan Fatmawati, SKH (BPBAP Situbondo), Amri Yudhistira (BBPBAP Jepara ), Syafrizal (BBPBAP Ujung Batee), Reva Anjar, S.Pi (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Cijengkol, Jawa Barat). Kegiatan workshop projek FAFI yang menghadirkan narasumber yakni Prof. Hans Komen (Professor of Aquaculture Genetics and Breaading), Dr.John Bastiannsen (Information Scientist Genetics and Breaading) Dr. Kasper Janssendan (Bio-economic Scientist Fish Breeding) dari Wegeningen Universty and Research (WUR) . sebagai bahan materi yang disampaikan yaitu mengenai Softwere Rstudio dan Asreml.

Diharapkan kegiatan workshop menambah skill peneliti dalam menggunakan sotfware yang  mendukung kegiatan penelitian, sehingga dapat mempermudah untuk menemukan, mengestimasi parameter genetik sampai dapat menetukan individu mana yang baik untuk dijadikan induk.

 

Views All Time
Views All Time
783
Views Today
Views Today
1

Hits: 79

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *